Inilah 6 Visi Paskibraka Generasi Emas Indonesia

paskiJakarta, PADANGTODAY.com – 125 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) berkunjung ke kantor Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang pendidikan (Wamendik) Musliar Kasim,Selasa (19/08/2014). Para Paskibraka merupakan generasi emas yang dapat menjadi penerus dan mengharumkan nama bangsa.

Hal tersebut disampaiakan Musliar saat menyapa para Paskibrakan. “Saya dahulu baru bisa masuk ke Istana umur 36 tahun, tetapi adik-adik masih muda sudah masuk ke Istana. Untuk itu adik-adik harus memiliki jiwa bangga terhadap tanah air melebihi saya,” tutur Musliar.

Pada kesempatan ini musliar menjelaskan kepara para Paskibraka, bahwa Kementerian Pendidian dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam mempersiapkan generasi emas Indonesia ke depan, memiliki 6 visi, yaitu
1.ketersediaan layanan pendidikan dan kebudayaan
2.memperluas keterjangkauan
3.meningkatkan kualitas
4.mewujudkan kesetaraan dalam memperoleh layanan pendidikan dan kebudayaan
5.menjamin Kepastian atau keterminan memperoleh layanan pendidikan
6.melestarikan dan memperkukuh bahasa dan kebudayaan Indonesia.

Mempersiapkan generasi emas ke depan pun tidak terlepas dari kurikulum pendidian. Untuk itu, kata Dia, Kemdikbud melakukan penataan kurikulum dengan Menerapkan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang dipersiapkan secara komprehensif, dengan harapan dapat mengahsilkan generasi emas yang produktif, inovatif, kreatif, dan afektif. “Generasi ke depan akan memiliki tiga kompetensi sekaligus, yaitu kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap,”

Musliar mengatakan kepada para Paskibraka, bahwa mereka selain memiliki kecakapan baris berbaris, tetapi juga memiliki kualitas akademik yang baik. Kemdikbud memiliki berbagai akses beasiswa untuk para putra dan putri yang memiliki kualitas akademik baik, salah satunya adalah beasiswa unggulan. “Siapa tahu di antara adik-adik Paskibraka dapat memperoleh beasiswa ,” Pungkasnya. (mr/nol)