Inilah Aksi Rekor Baru MotoGP Inggris 2014

rossi-pecah-rekor-rev2PADANGTODAY.com – Sirkuit Silverstone yang memiliki karakter cepat dengan lintasan lebar ini sukses menyajikan aksi saling salip pembalap terdepan mulai awal hingga akhir balap.

MotoGP seri Inggris yang dihelat di sirkuit Silverstone Minggu (31/8) kemarin berhasil menyajikan duel seru baik di kelas MotoGP maupun kelas Moto2.

Di GP Inggris kemarin, juga ada beberapa rekor yang disamai dan terpecahkan. Penasaran dengan aksi menegangkan dan rekor baru di MotoGP Inggris 2014? Berikut ulasan selengkapnya.

1.Duel Marquez vs Lorenzo
Dalam balap yang berlangsung Minggu sore kemarin, Marquez yang baru saja mengalami kekalahan perdana musim ini harus berjuang ekstra keras kala meladeni perlawanan sengit Jorge Lorenzo.

Lorenzo yang datang ke Silverstone dengan helm baru berhasil tampil cemerlang dan memimpin lomba sejak tikungan pertama. Marquez yang sempat tercecer ke posisi ketiga berhasil melalui Dovizioso di posisi ke dua dan menempel Lorenzo hingga pertengahan balap.

Kala balap tersisa 7 lap, Marquez mencoba mengambil alih posisi pemimpin balap dan terlibat duel sengit dengan Lorenzo. Puncaknya di dua lap tersisa, Marquez berhasil menyalip Lorenzo dengan manuver indah.

Lorenzo yang gagal memperkecil jarak di lap terakhir harus rela mendapatkan podium kedua. Marquez pun berhasil ‘balas dendam’ setelah di musim lalu, dirinya dikalahkan Lorenzo di sirkuit yang sama.
2.Perebutan podium ketiga
Selain duel sengit antara Marquez dan Lorenzo, di GP Inggris kemarin juga tersaji perebutan posisi ketiga yang tak kalah seru.

Melibatkan Valentino Rossi, Pedrosa, dan Dovizioso, ketiga pembalap ini tercatat saling melakukan aksi overtake di sepanjang jalannya balap. Dovizioso yang biasanya hanya garang di awal balap secara mengejutkan bisa tampil cepat dan konsisten hingga lap akhir.

Duel seru ini akhirnya dimenangi Rossi dengan berhasil finis di urutan ketiga, sedangkan Pedrosa dan Dovizioso menyusul di posisi keempat dan kelima.

Berkat torehan ini, Valentino Rossi pun berhasil naik podium untuk pertama kalinya di sirkuit Silverstone selama turun di kelas MotoGP.

3.Duel pemuncak kasta Moto2
Beralih ke balap Moto2, persaingan sengit antara rekan satu tim yaitu Mika Kallio dan Esteve Rabat di klasemen membuat keduanya tampil all-out di seri Inggris kemarin.

Rabat yang mengawali balap dengan berada di posisi kelima di lap awal berhasil tampil trengginas dan menyodok ke tiga besar di pertengahan balap. Bersaing sengit dengan Marc Vinales, akhirnya rabat bisa meraih posisi kedua.

Tak cukup di situ, di akhir balap Rabat seperti mendapat angin tambahan sehingga bisa mempersempit jarak dengan Kallio yang sudah nyaman di posisi pertama. Di dua lap akhir, Kallio yang terlihat mulai kehabisan grip ban motornya harus mengalah dan membuat Rabat memenangi GP Inggris.

Berkat kemenangan ini, Rabat berhasil sedikit memperlebar jarak di puncak klasemen dengan selisih 17 poin dari Kallio yang bertengger di posisi kedua.

4.Marquez samai Rossi
Bicara rekor, kemenangan Marc Marquez di GP Inggris kemarin berhasil membuatnya menyamai catatan Valentino Rossi yang mampu memenangi 11 seri balap dalam satu musim. Rossi sendiri menorehkan catatan tersebut saat dirinya masih membela tim HRC di tahun 2002 lalu.

Untuk Marquez sendiri, melihat performa yang ditunjukkannya saat ini, bukan hal yang mustahil bagi dirinya untuk menambah jumlah kemenangan di musim ini dan melewati catatan idolanya tersebut.

5.Rossi pecah rekor
Valentino Rossi, pembalap kawakan MotoGP ini semakin memantapkan namanya di jajaran pembalap legendaris dengan berhasil membuat satu rekor baru.

Melakukan start yang ke-246 di GP Inggris kemarin, Rossi kini tercatat sebagai pembalap yang paling banyak melakoni balap di ajang MotoGP. Catatannya tersebut mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Alex Barros.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*