Inilah Arti Kemerdekaan Bagi Joko Widodo

Jokowidodo
JAKARTA PADANGTODAY.com– Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 69 memiliki makna-makna tersendiri dari para tokoh bangsa. Termasuk bagi calon presiden terpilih versi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Joko Widodo. Menurut pria yang akrab disapa Jokowi ini, merdeka berarti masyarakat Indonesia dapat mengelola dan mengendalikan negaranya sendiri.

“Kita mampu mengelola, mengendalikan negara ini dengan kendali penuh. Artinya kita betul-betul berdaulat,” singkat Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Minggu, (17/8).

Lain Jokowi, lain pun makna kemerdekaan bagi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Di temui di tempat yang sama, Lukman mengaku memperingati kemerdekaan sama dengan belajar bersyukur terhadap warisan bangsa. Ia berharap nilai-nilai kebangsaan tetap terpelihara meski usia Indonesia terus bertambah setiap tahun.

“Nilai-nilai keindonesiaan itu ya tentu dasar kita berbangsa dan bernegara, pancasila. Nilai-nilai keagamaan karena bangsa ini adalah bangsa yang religius dan bagaimana kita bisa hidup bersama di tengah-tengah keragaman, di tengah-tengah kemajemukan. Saya pikir ini yang perlu kita tekankan, khususnya terkait dengan toleransi,” kata Lukman. (flo/dil)