Inilah Beberapa Fungsi Dari Food Processor

foodprocessor3PADANGTODAY.com – Food processor bisa mencincang daging, bikin adonan, hingga haluskan bumbu tanpa repot. Pilih tipe food processor yang standar. Biasanya ada tiga pisau penting yang dipakai dalam food processor seperti pressing blade (menghancurkan sekaligus menekan seperti sari buah), cutting blade (memotong dan menghaluskan bahan basah seperti daging), dan crushing blade (memotong dan menghaluskan bahan kering seperti rempah kering).

Inilah beberapa fungsi food processor.

1. Memarut Keju dan Kelapa
Memarut keju biasa dilakukan dengan parutan. Namun jika membutuhkan keju dalam jumlah banyak, akan lebih mudah menggunakan food processor. Potong keju seukuran 2,5 cm lalu masukan ke dalam food processor. Selain keju, bisa dipakai juga untuk memarut sekaligus memeras kelapa untuk santan dengan saringan khusus. Biasanya pressing blade dipakai untuk membuat santan.

2. Menguleni Adonan
Adonan pizza, pie, mie, dan pasta dapat diuleni menggunakan food processor. Anda bisa menggunakan food processor untuk melakukannya. Tentu tetap diperlukan pengukuran bahan-bahan adonan. Kemudian food processor akan menguleni hingga adonan kalis.

3. Mencincang Sayuran
Cincang berbagai sayuran dan bumbu masak dengan menggunakan cutting blade pada food processor. Contohnya seperti peterseli, bawang putih, dan bawang bombay. Kehalusan hasil cincangan juga bisa ditentukan sesuai keinginan.

4. Membuat Saus dan Selai
Sejak kemunculannya, food processor sudah dipuji karena kemampuannya membuat mayonnaise. Dalam bagian tutup feed tube di food processor, terdapat lubang kecil. Jika Anda menambahkan minyak melalui lubang, minyak akan mengalir ke telur pada kecepatan yang tepat untuk diserap dan mengubahnya menjadi mayones. Teknik ini juga berlaku saat membuat saus selada seperti caesar, pesto, atau cocolan berbasis minyak. Selai kacang juga bisa dibuat dengan food processor. Kacang dan bahan pelengkapnya tinggal

5. Mencampur Bahan Kue
Resep biskuit sederhana yang tidak banyak menggunakan mentega dan tepung dapat diolah dalam food processor. Kacang dan coklat dapat digiling dengan food processor kemudian campur dengan bahan lainnya di mangkuk processor. Adonan cheesecake dan cupcake yang tidak memerlukan banyak udara masuk ke dalamnya juga bisa dibuat dengan food processor. Ini dapat mengurangi jumlah peralatan yang harus dicuci setelahnya.

6. Menggiling Rempah Kering
Biasa food processor dipakai untuk menggiling daging sapi, ayam, atau ikan. Tak hanya itu, alat ini juga bisa dipakai untuk menggiling rempah kering untuk memasak seperti pala dan merica. Gunakan crushing blade untuk melakukannya.(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*