Inilah Beberapa Teknik Penggunaan Bumbu Ayam Bakar Agar Enak

ayambakardalamPADANGTODAY.com – Ayam bakar yang gurih garing dengan sentuhan rasa bawang yang enak dapat menambah nafsu makan. Apalagi dinikmati dengan nasi hangat dan lalapan komplet, makan jadi makin mengenyangkan.

Untuk membuat ayam bakar di rumah tidaklah sulit. Inilah beberapa teknik dan penggunaan bumbu yang perlu diperhatikan agar ayam bakar enak.

1. Pilih bahan segar
Pilih ayam potong yang segar. Bisa ayam negeri jenis organik atau probiotik, ayam jantan atau ayam kampung. Potong menjadi 4 atau 8 bagian dan cuci bersih. Perciki air jeruk nipis agar aromanya lebih segar.

2. Ungkep ayam
Sebelum dibakar, agar rasa bumbunya meresap sebaiknya ayam diungkep dengan bumbu. Berupa bumbu putih (bawang merah, bawang putih, kemiri dan garam) atau bumbu kuning ( kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, garam). Tambahkan beberapa lembar daun salam agar aromanya harum.

Campur bumbu halus dan potongan ayam lalu masak hingga airnya keluar, tambahkan sedikit air jika perlu. Masak sampai ayam empuk.

3. Bahan olesan
Agar rasa ayam lebih enak saat dibakar terutama bagian luarnya, siapkan bumbu olesan berupa minyak atau mentega cair yang dicampur dengan sedikit kecap manis dan bawang merah yang dihaluskan.

4. Teknik membakar
Bakar ayam di atas api arang atau panggangan di atas api gas. Untuk aroma lebih enak, gunakan api arang. Saat membakar olesi dengan bumbu olesan beberapa kali hingga matang. Ingin menikmati sensasi ayam bakar pedas? Anda dapat lihat resepnya di sini.

5. Sajikan dengan sambal plus lalapan
Ayam bakar sangat cocok disajikan dengan selada, mentimun dan kemangi. Lengkapi dengan sambal terasi yang pedas segar. Untuk melihat resep sambalnya Anda dapat lihat di sini.(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*