Inilah Cara Buat Bubur Saring Kentang Yang Enak Untuk Bayi

bubur sikecilPADANGTODAY.com – Saat si kecil berusia 6 bulan lebih Anda dapat memperkenalkan aneka sajia makanan bertekstur halus. Bubur susu dan juga bubur saring dapat menjadi pilihan. Seperti bubur susu dengan campuran kentang yang lembut.

Selain beras, kentang juga baik diperkenalkan pada si kecil karena teksturnya lembut dan rasanya gurih.

1. Siapkan bahan
Untuk membuat bubur saring, siapkan 30 gr nasi yang sudah diaron, 20 gr kentang yang sudah dihaluskan, 15 gr daging ayam cincang, 10 gr wortel yang diiris halus, 1 btr kuning telur ayam, 25 gr daun bayam yang diiris halus, 200 ml kaldu daging ayam dan 5 gr minyak sayur atau minyak zaitun.

2. Rebus kaldu
Rebus kaldu dengan cara merebus ceker atau sayap ayam ke dalam 200 ml air hingga mendidih. Kemudian masukkan nasi yang sudah diaron dan masak hingga tekstur nasi menjadi lunak.

3. Masukkan bahan
Setelah nasi lunak, masukkan kentang, daging ayam cincang, wortel dan irisan bayam, kuning telur dan juga minyak sayur. Lalu rebus hingga matang.

4. Haluskan bubur
Untuk menghaluskannya Anda dapat melakukannya dengan dua cara. Haluskan dengan blender atau hand blender atau saring bubur dengan saringan kawat yang ditempatkan di atas wadah. Setelah semuanya halus, bubur saring siap diberikan.

5. Kandungan nutrisi
Dalam satu porsi sajian bubur saring kentang mengandung energi sebesar 260 Kkal. Sajian ini tinggi akan protein dan juga lemak yang sangat baik untuk kesehatan si kecil. Jika Anda ingin menggunakan campuran minyak zaitun sebaiknya campurkan minyak saat bubur sudah matang agar kandungan nutrisinya tidak hilang karena dipanaskan.(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*