Inilah Cara Mudah Bikin Stok Sambal Untuk Nasi Goreng

sambalnasigoreng3PADANGTODAY.com – Agar tidak repot setiap kali mengulek sambal untuk membuat nasi goreng atau tumisan ada baiknya buat persediaan. Caranya juga gampang.

Siapkan cabai merah segar yang besar atau cabai merah keriting sebagai bahan utamanya. Kemudian siapkan blender dan ikuti langkah mudah ini.

1.Bahan segar
Siapkan 250 gram cabai merah segar, 10 butir bawang merah, 4 siung bawang putih,1 sdt garam dan 2 sdm minyak goreng. Jika suka bisa ditambahkan 1 sdt terasi goreng. Untuk penyuka rasa pedas bisa ditambahkan cabai rawit merah.

2.Haluskan
Potong-potong cabai dan bawang merah serta bawang putih. Kemudian masukkan ke dalam mangkuk blender. Tambahkan garam dan terasi. Tuangi sekitar 150 ml air. Proses hingga menjadi halus.

3.Masak
Tuangkan sambal halus dalam wajan dan tambahkan minyak goreng. Masak dengan api kecil hingga mendidih, kental dan cairannya habis. Angkat dari api dan dinginkan.

4. Kemas
Masukkan sambal dalam botol bersih dan kering. Sambal ini siap untuk membumbui nasi goring, sambal goreng dan aneka tumisan.(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*