Inilah Empat Nama Kandidat Menteri Koordinator Kabinet Jokowi

Jokowi Dodo dan Jusuf Kalla Persiden dan Wakil Presiden Terpilih .

Jokowi Dodo dan Jusuf Kalla Persiden dan Wakil Presiden Terpilih .

PADANGTODAY.com-Presiden terpilih Joko Widodo mengatakan bahwa dalam kabinetnya nanti, akan memiliki empat menteri koordinator. Menurut lembaga Survei Indo Barometer, pertama menteri koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, kedua menteri koordinator bidang perekonomian. Ketiga menteri koordinator bidang maritim dan lingkungan hidup dan menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan.

Lembaga survei yang dipimpin oleh Muhammad Qodari tersebut juga merilis beberapa nama yang diprediksi akan mengisi empat menteri koordinator era Jokowi.

Prediksi ini dibuat karena mekanisme seleksi menteri dilakukan secara tertutup dan dianggap memiliki kelemahan, karena tidak bisa menarik masukan dan penilaian yang maksimal dari masyarakat. Untuk itu, Indo Barometer merilis beberapa nama yang dianggap punya potensi dan peluang besar untuk mengisi 4 posisi ini.

Tujuannya agar masyarakat dan media dapat memberikan masukan. Jangan sampai ada calon menteri yang terlanjur masuk kabinet tapi ternyata punya masalah besar.

Nama-nama ini hasil telusuran media massa, info dari kelompok masyarakat, dan narasumber yang dianggap kredibel dan relevan. Namun, perubahan dan pergeseran nama-nama calon menteri dan nomenklaur atau nama kementerian masih bisa terjadi, karena dinamika politik seperti yang sudah dinyatakan oleh Jokowi sendiri.(dil/mdk)

Berikut beberapa nama kuat yang akan mengisi 4 posisi menteri koordinator kabinet Jokowi:

1.Menteri koordinator bidang politik, hukum dan keamanan
Letjen TNI (Purn) Luhut B. Panjaitan.

2.Menteri koordinator bidang perekonomian
Faisal Basri.

3.Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Lingkungan Hidup
Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy.

4.Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
Puan Maharani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*