Inilah Gaya Hidup Yang Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

Tidur dengan ponselPADANGTODAY.com – Jika menjalani pola hidup yang sehat, maka kesehatan pun akan tetap terjaga hingga usia tua. Namun jika mempunyai gaya hidup yang tidak sehat dan tidak segera merubahnya, maka bukanlah hal yang mustahil jika serangan penyakit bisa datang secara tiba-tiba, tidak menunggu usia menjadi tua.

inilah gaya hidup berbahaya bagi kesehatan tubuh yang sayangnya seringkali tidak Anda sadari sehingga Anda tidak merubahnya.

1.Ponsel dan bantal
Menurut sebuah penelitian kesehatan, disebutkan bahwa 8 dari 10 orang tidur dengan meletakkan ponsel di samping atau bahwa bantal. Mereka tidak menyadari akan bahaya kesehatan yang terjadi di baliknya. Salah satu contohnya adalah pancaran ‘light blue’ dari layar ponsel. Sinar ini bisa merusak kesehatan mata serta otak. Penelitian telah membuktikan bahwa light blue yang mengenai otak akan menekan sekresi hormon melatonin di malam hari yang bisa mengganggu kualitas tidur Anda.

Untuk menghindari hal ini, jangan pernah meletakkan ponsel di bawah bantal Anda ketika tidur. Letakkan minimal 20cm dari bantal Anda untuk mengurangi radiasi sebesar 98%. Selain cara tersebut, sebenarnya mematikan ponsel adalah cara yang terbaik.

2.Siklus bulanan
Kebanyakan wanita cenderung mengabaikan penyimpangan yang terjadi dalam siklus bulanan mereka. Penyimpangan tersebut termasuk siklus yang tidak teratur, nyeri berlebihan, dan serangkaian gejala lainnya. Padahal hal tersebut bisa menjadi awal dari gejala mioma, tumor, bahkan kanker.

“Selalu catat siklus bulanan Anda. Sehingga Anda bisa memantau apakah jadwal bulanan Anda teratur atau tidak. Dan ketika Anda menemukan ada yang tidak beres, segera kunjungi ginekolog untuk mendapatkan penanganan medis,” tulis penelitian ini.

3.Duduk terlalu lama
Tanpa disadari bahwa duduk terlalu lama bisa mengundang munculnya berbagai macam penyakit kronis. Salah satunya adalah sakit punggung. Bahkan sekitar 7 dari 10 orang harus mengunjungi klinik fisioterapi untuk mengobati kelainan tulang belakang mereka yang disebabkan karena duduk terlalu lama.

Selain merusak bentuk tubuh, duduk terlalu lama mampu memicu obesitas yang menjadi awal datangnya penyakit kronis. Oleh karena itu jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk duduk terlalu lama, selalu sempatkan aktivitas fisik seperti berjalan kaki untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

4.Kesehatan kulit
Sebagian besar dari Anda mungkin merasa bahwa mengoleskan krim tabir surya adalah hal yang tidak terlalu penting. Padahal Anda tidak tahu bahwa sinar matahari yang terik mampu menimbulkan bercak di kulit yang berujung dengan munculnya kanker kulit. Oleh sebab itu, kemanapun Anda akan beraktivitas di luar ruangan, selalu oleskan krim tabir surya terutama di kulit yang terpapar sinar matahari langsung. Pilih krim tabir surya yang sesuai dengan aktivitas di luar ruangan Anda.

Merubah gaya hidup yang salah merupakan cara paling mudah untuk menjaga kesehatan. Oleh karena itu begitu Anda menyadari bahwa gaya hidup Anda tidak tepat, segera ubah saat ini juga.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*