Inilah Kesalahan Membuat Salad Jadi Tidak Sehat

salad-jadi-tak-sehatPADANGTODAY.com – Salad adalah salah satu makanan yang dipilih untuk menjaga kesehatan dan mengontrol berat badan. Salad dilihat sebagai salah satu makanan menyehatkan karena dipenuhi sayur dan buah. Namun benarkah salad yang Anda konsumsi setiap hari menyehatkan? Jangan yakin dulu. Ada beberapa kesalahan yang bisa membuat salad yang Anda buat menjadi tak sehat.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dibuat seseorang ketika membuat salad, Kesalahan ini bisa membuat salad yang tadinya sehat menjadi tidak menyehatkan.

1. Memilih sayuran yang tak terlalu bernutrisi
Ada banyak jenis sayuran yang bisa dipakai untuk membuat salad. Namun sebaiknya pilih sayuran yang paling banyak mengandung serat seperti kale atau bayam. Sayuran yang berwarna hijau gelap mengandung banyak nutrisi dan serat yang Anda butuhkan.

2. Kurang variasi
Ketika akan mencampur sayuran dan buah dalam salad, jangan ragu-ragu. Semakin banyak warna semakin baik untuk salad yang sehat. Buah dan sayur dengan berbagai warna akan memberikan nutrisi dan antioksidan yang berbeda, seperti mencampur sayuran hijau dengan wortel, tomat, dan lainnya. Selain itu, pilih sayur dan buah yang masih segar.

3. Kurang protein
Bicara tentang salad, yang ada di pikiran banyak orang memang sayur dan buah. Namun jangan lupa juga untuk menambahkan protein dalam salad Anda. Setiap hari setidaknya orang membutuhkan 46 gram protein dan lebih dari itu jika Anda aktif. Karena itu, sebaiknya tambahkan juga makanan yang mengandung protein seperti ikan dan daging tanpa lemak. Namun jika Anda vegetarian, Anda bisa mendapatkan protein dari makanan lain seperti tahu dan kedelai.

4. Tak menambahkan lemak sehat
Menjaga berat badan bukan berarti menyingkirkan semua jenis lemak. Anda juga membutuhkan lemak untuk memproduksi energi. Memilih lemak sehat untuk dimasukkan dalam salad akan membuat salad Anda semakin sempurna. Tambahkan makanan yang mengandung lemak sehat seperti walnut, alpukat, minyak zaitun, dan lainnya.

5. Terlalu banyak dressing
Tak hanya komposisi salad, komposisi dressing yang Anda gunakan untuk salad juga penting. Jangan pakai dressing yang tak menyehatkan. Yang terbaik adalah membuat dressing Anda sendiri dari bahan-bahan yang menyehatkan.

Itulah beberapa kesalahan yang membuat salad menjadi tak sehat. Jika Anda sering melakukan kesalahan di atas, segera ubah mulai saat ini. Konsumsi salad yang menyehatkan untuk tubuh dan bisa membantu Anda menjaga berat badan.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*