Inilah Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berdiet

GULAAPADANGTODAY.com – Karbohidrat merupakan sumber energi tubuh. Sayangnya bahan makanan kaya karbohidrat dihindari oleh mereka yang sedang mengendalikan berat badan karena dianggap sebagai penyebab kegemukan.

Benarkah karbohidrat penyebab kegemukan? Rupanya tak semua mitos dan anggapan soal karbohidrat benar.

1. Kentang harus dihindari
Ubi jalar sering dijadikan alternatif sehat pengganti kentang. Padahal dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Advances in Nutrition satu kentang ukuran medium menyediakan 11 persen rekomendasi asupan harian serat yang membantu penurunan berat badan. Satu buah kentang juga mengandung 12 persen rekomendasi asupan magnesium dan 26 persen rekomendasi potasium.

2. Karbohidrat tingkatkan gula darah
Bahan makanan karbohidrat yang melalui proses pengolahan seperti tepung putih dan nasi putih banyak dihindari karena cepat meningkatkan gula darah. Menurut Rania Batayneh, M.P.H, penulis ‘The One One One Diet’ bahan makanan segar kaya karbohidrat juga mengandung serat yang memberi rasa kenyang lebih lama, meningkatkan sensitifitas insulin, dan mengendalikan gula darah. Semakin stabil gula darah, tingkat insulin akan semakin rendah yang menyebabkan gula tidak disimpan sebagai lemak.

3. Olahraga tanpa konsumsi karbohidrat
Ingin olahraga lebih maksimal? Saat Anda mengonsumsi karbohidrat tubuh akan mengubahnya menjadi glycogen dan langsung disalurkan ke otot. Karbohidrat yang disimpan tersebut adalah sumber energi utama untuk otot. Jika Anda ingin membakar kalori lebih banyak saat olahraga pastikan mengonsumsi karbohidrat terlebih dahulu.

4. Mengganti gula dengan pemanis rendah kalori
Gula harus dikonsumsi dalam jumlah cukup per hari, tapi pemanis buatan untuk minuman dan makanan jauh lebih berbahaya. Walaupun mempunyai label nol kalori, Harvard School of Public Health menyatakan pemanis buatan bisa menghalangi kemampuan tubuh untuk mengukur asupan kalori tubuh.(dk/nol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*