Inilah Nutrisi Yang Terkandung Dari Akar Teratai Untuk Kesehatan

manfaat-mengonsumsi-akar-teratai-untuk-kesehatanPADANGTODAY.com – Akar teratai termasuk jenis makanan yang kurang familiar di Indonesia. Tetapi di beberapa jenis masakan Cina dan pengobatan yang diadopsi dari Cina sendiri maupun India, akar teratai sangatlah bermanfaat.

inilah nutrisi yang terkandung di dalam akar teratai yang bermanfaat untuk kesehatan Anda.

1.Serat
Akar teratai sangat tinggi kandungan serat di dalamnya. Nutrisi ini sangat membantu untuk mengurangi gula, kadar kolesterol, dan mencegah sembelit atau wasir.

2.Vitamin C
Selain tinggi serat, akar teratai juga tinggi akan vitamin C. Vitamin ini diperlukan untuk memproduksi kolagen, menjaga kesehatan pembuluh darah, dan tulang. Selain itu, vitamin C mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi Anda dari serangan infeksi virus, serta mencegah kanker.

3.Vitamin B kompleks
Kandungan vitamin B kompleks di dalam akar teratai memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti mengurangi risiko serangan jantung, meningkatkan mood, mencegah stres dan sakit kepala.

4.Mineral
Akar teratai mengandung tembaga, besi, kalium, seng, magnesium, dan mangan. Semua mineral ini sangat penting memproduksi sel darah merah, meningkatkan fungsi otot dan saraf, memproduksi enzim, serta menyehatkan pencernaan.

5.Elektrolit
Akar teratai memiliki keseimbangan elektrolit antara sodium dan potasium dengan perbandingan 1:4. Sodium bermanfaat untuk memberikan rasa pada akar teratai, sementara potasium bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan detak jantung.

Selain diseduh dan airnya diminum, akar teratai sendiri bisa diolah menjadi sup yang sehat.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*