Inilah Oleh-oleh Khas Palembang

palembang5Palembang, PADANGTODAY.com – Jika Anda mudik dari Lampung atau Palembang, jangan lupa membawa oleh-oleh khas daerah ini. Ada yang gurih renyah, ada pula yang manis legit. Bisa dijadikan buah tangan yang unik untuk teman dan kerabat di rumah.

Seperti daerah lain, Palembang dan Lampung juga punya koleksi oleh-oleh yang unik dan wajib dibeli.

1. Kerupuk kemplang
Terbuat dari tepung tapioka dan ikan membuat rasa kerupuk kempang sangat nikmat. Kerupuk ini biasanya dibuat dengan cara dipanggang ataupun digoreng. Ada juga kerupuk kemplang yang dijual lengkap dengan sambal, ada juga yang dijual hanya kerupuknya saja. Kerupuk kemplang juga cocok dijadikan teman makan nasi.

2. Kue delapan jam
Kue ini dinamakan kue delapan jam karena proses pemasakannya membutuhkan waktu hingga delapan jam. Zaman dahulu kue ini sering disuguhi untuk tamu kehormatan saat hari raya Idul Fitri. Dalam proses pembuatannya kue ini menggunakan hingga 25 butir telur ayam sehingga teksturnya sangat lembut dan sedikit lembap. Tertarik mencicipi kue legit khas Palembang ini?

3. Kue maksuba
Kue maksuba merupakan salah satu makanan khas Palembang. Kue ini memiliki tampilan yang mirip seperti kue delapan jam. Akan tetapi proses pembuatannya berbeda, karena kue ini dibuat dengan cara yang sama seperti proses pembuatan kue lapis. Rasanya yang lembut membuat kue ini sangat cocok dinikmati dengan kopi ataupun teh.

4. Kue bangkit
Kue bangkit atau biasa disebut bangket ini merupakan salah satu kue yang selalu ada saat hari raya Idul Fitri. Kue ini memiliki tekstur yang sangat halus dan gampang remuk ketika dimakan. Kue ini juga rasanya manis gurih karena terbuat dari tepung tapioka, santan, dan gula halus.

5. Pempek Palembang
Makanan khas Palembang ini sudah pasti wajib Anda bawa sebagai oleh-oleh. Sajian ini terbuat dari perpaduan adonan ikan dan tepung sagu membuat rasanya gurih dan teksturnya kenyal. Jangan lupa disantap bersama cuko yang terbuat dari gula merah, ebi, bawang putih, garam, dan cabe rawit tumbuk agar semakin sedap.
(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*