Inilah Sirkuit Duo Yamaha Yang Miliki Kesempatan Kalahkan Marquez

valencia-rev1Italia, PADANGTODAY.com – Sirkuit yang dikenal sebagai sirkuit kandang Valentino Rossi ini sendiri bakal menyajikan jalannya balap seru karena di sirkuit ini Yamaha memiliki catatan bagus hingga diperkirakan bisa menempel duo pembalap HRC di akhir pekan nanti.

MotoGP musim 2014 tinggal menyisakan enam seri lagi untuk digelar. Salah satunya bakal dihelat di akhir pekan ini du sirkuit Misano, Italia.

Kemenangan di musim ini sendiri memang sangat penting bagi Yamaha, karena selama jalannya MotoGP 2014 belum sekalipun Lorenzo atau Rossi memenangi balap. Jika mengakhiri musim ini tanpa kemenangan, maka Yamaha akan menorehkan catatan buruk di tahun 2003, yang mana kala itu Valentino Rossi masih bergabung dengan Honda dan Lorenzo masih di kelas 125cc.

Selain di Misano, di sirkuit mana sajakah duo Yamaha bakal miliki kesempatan mengalahkan Marquez dan Pedrosa yang sudah memberikan 12 kemenangan pada tim Honda di musim ini? Berikut ulasan selengkapnya.

1.Misano
Tahun lalu di GP Italia yang digelar di sirkuit Misano, Jorge Lorenzo berhasil tampil cemerlang dengan keluar sebagai juara mengalahkan Marquez, Pedrosa, dan Rossi di posisi kedua hingga keempat.

Lorenzo yang berhasil tiga kali menjadi kampiun di tiga gelaran MotoGP di sirkuit ini kemungkinan bakal memberikan perlawanan sulit pada duo Honda. Sedangkan rekan setimnya, Rossi juga bakal mendapatkan motivasi lebih untuk tampil all-out karena Misano merupakan sirkuit kandang yang berjarak sangat dekat dengan kediamannya.

Namun Honda sendiri tak bisa dipandang sebelah mata di sirkuit ini, karakter stop and go sirkuit Misano juga bakal menjadi makanan empuk bagi motor Honda yang sangat kuat dalam hal akselerasi dan pengereman.

2.Aragon
Setalah Misano, maka pembalap MotoGP akan bersaing di sirkuit Aragon, Spanyol. Di musim lalu, Marquez berhasil menjadi juara dengan mengalahkan Lorenzo dan Rossi di posisi dua dan tiga.

Namun karakter sirkuit Aragon yang banyak terdapat tikungan panjang nan cepat bakal membantu karakter Yamaha YZR-M1 yang memang cocok melahap jenis tikungan tersebut.

Meski demikian lintasan lurus yang panjang di garis start dan beberapa hairpin bakal menguntung motor duo Honda di jalannya balap. Namun peluang Rossi dan Lorenzo untuk mempersembahkan kemenangan bagi Yamaha musim ini cukup terbuka lebar di sirkuit ini.

3.Motegi
Setelah Spanyol, gelaran MotoGP bakal menyambangi daratan Asia kembali dengan menggelar balap di sirkuit Motegi Jepang.

Di musim lalu, Lorenzo berhasil tampil dominan di sirkuit ini dengan mengasapi Marquez dan Pedrosa di posisi kedua dan ketiga dengan jarak 8 detik kala melintasi garis finis.

Dengan banyaknya data dari sesi pengetesan motor YZR-M1 oleh Yamaha di sirkuit ini, diharapkan Lorenzo dan Rossi bisa berada di level yang sama dengan Pedrosa terlebih Marquez saat balap nanti. Yamaha pun memiliki kesempatan yang sangat besar untuk memenangi seri ini.

4.Phillip Island
Philip Island, sirkuit pinggir pantai di Australia ini juga bakal menyajikan keuntungan yang cukup besar bagi Yamaha dengan kondisi aspal yang baru yang memaksa pembalap untuk bertahan lama di sirkuit dengan grip ban yang mudah aus. Hal inilah yang menjadi salah satu kondisi favorit Lorenzo kala balap berlangsung.

Dengan karakter sirkuit yang mengalir dan hanya memiliki satu tikungan pelan, sirkuit ini bakal lebih bersahabat dengan motor Yamaha. Di sirkuit ini lah satu-satunya kesempatan besar Yamaha untuk meraih kemenangan jika masih gagal di seri-seri sebelumnya. Musim lalu pun Lorenzo berhasil memenangi seri ini dengan mengalahkan Pedrosa dan Rossi di posisi dua dan tiga.

5.Sepang
GP Malaysia yang bakal digelar di sirkuit Sepang memang bukan menjadi tempat favorit para pembalap Yamaha. Memiliki dua lintasan lurus panjang dan beberapa tikungan pelan, sirkuit ini jelas menjadi makanan empuk bagi para pembalap Honda.

Di musim lalu, Pedrosa berhasil menjadi kampiun di sirkuit ini dengan Marquez di posisi kedua dan Rossi di posisi ketiga. Mungkin angin akan sedikit membantu Yamaha jika GP Malaysia nanti digelar dalam kondisi basah.

6.Valencia
Di seri pamungkas yang bakal digelar di sirkuit Valencia, Spanyol juga menjanjikan pertarungan sengit antara duo Yamaha dan Honda.

Karakter sirkuit yang netral dengan tak terlalu menguntungkan Yamaha dan Honda membuat persaingan antara Rossi, Lorenzo, Marquez, Pedrosa bakal seketat musim kemarin.

Sirkuit ini juga bakal menjadi salah satu kesempatan terbesar Valentino Rossi untuk meraih kemenangan di musim ini jika gagal di seri sebelumnya. Hal ini bisa dilakukan Rossi jika dirinya bisa melakukan start bagus dengan menjadi pemimpin balap di awal lap atau berada tak jauh dari pimpinan balap. Yamaha berkesempatan besar memperoleh kemenangan di sirkuit ini, terlebih tahun lalu Lorenzo berhasil menang dengan mengalahkan Pedrosa dan Marquez di posisi kedua dan ketiga.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*