Inilah Teknik Diet Yang Tepat Dan Cepat

melewatkan-makanPADANGTODAY.com – Jika Anda termasuk orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan dengan cara berdiet, penting untuk diperhatikan mengenai strategi dan teknik berdiet yang tepat. Melakukan diet tak hanya tentang menurunkan berat badan, melainkan juga menjaga kesehatan dan memenuhi nutrisi tubuh sembari menurunkan berat badan.

Karena itu, selalu lakukan teknik dan strategi diet yang tepat. Jangan melakukan teknik diet yang justru bisa merusak kesehatan. Berikut adalah beberapa teknik yang harus dihindari saat berdiet, seperti dilansir oleh Fit Sugar (03/08).

1.Sama sekali tak mengonsumsi satu jenis makanan
Ketika berdiet, tentunya ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari. Misalkan jenis diet tertentu mengurangi konsumsi karbohidrat, protein, daging, atau lainnya. Mengurangi konsumsi satu jenis makanan memang diperbolehkan saat berdiet. Namun sebaiknya jangan benar-benar menghindari dan tidak mengonsumsi jenis makanan tersebut sama sekali.

Tidak mengonsumsi salah satu jenis makanan sama sekali, misalkan sama sekali tak mengonsumsi karbohidrat, bisa membuat Anda kekurangan nutrisi. Masing-masing makanan memiliki fungsi dalam tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan lainnya. Semuanya diperlukan oleh tubuh dengan takaran yang tepat. Karena itu, jangan sama sekali tidak mengonsumsi jenis makanan tersebut. Kurangi atau cari alternatif jenis makanan tersebut yang lebih sehat.

2.Hanya melakukan kardio
Salah satu hal yang dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah berolahraga. Namun bukan olahraga secara sembarangan saja. Banyak orang yang hanya melakukan satu jenis olahraga ketika berdiet, yaitu kardio. Jika Anda termasuk orang yang hanya melakukan kardio saat berdiet dan tidak melakukan jenis olahraga lain, Anda kehilangan manfaat besar dari olahraga yang dilakukan.

Olahraga kardio memang bisa membantu menurunkan berat badan, namun Anda juga perlu melakukan jenis olahraga lain seperti angkat beban. Angkat beban tak hanya mencegah cedera saat berolahraga, tetapi juga menguatkan persendian, membantu pembentukan otot, dan meningkatkan metabolisme. Semua ini bisa membantu Anda mengurangi lemak dan membakar kalori.

3.Berolahraga saat perut kosong
Ketika berdiet, kebanyakan orang akan lebih sedikit makan dan memperbanyak olahraga. Salah satu kebiasaan yang dilakukan adalah langsung berolahraga tanpa makan terlebih dahulu. Jika Anda melakukan kebiasaan ini, sebaiknya pertimbangkan lagi. Berolahraga saat perut kosong tak akan memberikan manfaat, tetapi malah merugikan Anda.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa berolahraga saat perut kosong tak akan membantu Anda menurunkan berat badan. Olahraga saat perut kosong hanya akan membakar kalori dari otot Anda, bukan lemak. Karena itu, lebih baik mengisi perut sebelum berolahraga untuk menghindari hilangnya otot pada tubuh.

4.Kurang tidur
Tidur adalah hal yang dianggap bisa menaikkan berat badan. Karena itu, banyak orang lebih memilih berolahraga daripada tidur saat berdiet. Padahal tidur juga sama pentingnya dengan berolahraga untuk menurunkan berat badan. Sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tidur Anda jika Anda berusaha untuk menurunkan berat badan.

Penelitian mengungkap bahwa tidur berpengaruh terhadap kemampuan tubuh Anda mengontrol nafsu makan. Selain itu, tidur akan memberikan Anda energi tambahan untuk berolahraga. Kurang tidur akan meningkatkan hormon lapar dan membuat Anda makan lebih banyak. Jika Anda kurang tidur, kemungkinan Anda justru akan merasa lebih mudah lapar, dan diet Anda pun berantakan.

5.Melewatkan makan
Berdiet bukan berarti Anda harus melewatkan makan seperti sarapan, makan siang, atau lainnya. Berdiet dilakukan dengan mengurangi kalori, bukan melewatkan makan. Melewatkan makan tak akan membantu Anda menurunkan berat badan namun malah mengganggu metabolisme.

Ketika melewatkan makan, metabolisme tubuh akan melambat dan menunda kemampuannya untuk menurunkan berat badan. Karena itu, jangan sampai melewatkan makan. Makan dengan teratur, namun pilih makanan yang lebih bergizi, rendah kalori, serta membantu Anda menurunkan berat badan.

Itulah beberapa hal yang harus dihindari ketika sedang berdiet. Beberapa hal di atas sering dilakukan sebagai teknik untuk menurunkan berat badan. Namun alih-alih membantu membuat Anda lebih langsing, teknik tersebut justru akan mengganggu kesehatan dan memperlambat proses penurunan berat badan.
(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*