Inilah Tips Bikin Donat Kentang Mini Untuk Camilan Si Kecil

donatmini4PADANGTODAY.com – Donat merupakan salah satu camilan favorit anak. Buatlah donat ukuran kecil agar sesuai dengan porsi mereka. Supaya donat makin empuk dan nikmat disantap, tambahkan kentang halus dalam adonannya. Berbagai topping favorit si kecil dapat ditambahkan.

Bikin donat kentang tak sesulit yang Anda bayangkan. Inilah Tips Bikin Donat Kentang Mini Untuk Camilan Si Kecil Sepulang Sekolah.

1. Siapkan Bahan
Untuk membuat donat kentang mini siapkan 250 gr tepung terigu protein tinggi, 25 gr susu bubuk, 6 gr ragi instan, 100 gr kentang, 50 gr gula pasir, 35 gr mentega atau margarin, ¼ sdt garam, 1 butir telur kocok, dan 50 ml air dingin.

2. Haluskan Kentang
Kupas kentang lalu potong-potong. Kukus kentang sampai empuk dan matang. Selagi panas, haluskan kentang lalu diamkan hingga dingin.

3. Buat Adonan
Campur bahan kering yang terdiri dari tepung terigu, susu bubuk, ragi instan dan gula pasir. Aduk hingga seluruhnya tercampur rata. Kemudian tambahkan kentang, aduk kembali hingga rata. Masukkan telur dan air dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai agak kalis. Beri mentega dan garam lalu uleni lagi sampai benar-benar kalis. Taburi tepung sedikit demi sedikit bila adonan terlalu basah Jika adonan sudah kenyal, elastis dan mudah dibentuk tanpa lengket, bulatkan adonan. Taruh dalam wadah dan tutup dengan kain , diamkan selama 30-45 menit.

4. Bentuk Donat
Kempiskan adonan lalu timbang adonan masing-masing 20 gr. Setelah itu bulat-bulatkan adonan dan tempatkan dalam loyang yang sudah ditaburi tepung. Diamkan lagi adonan dan tutup dengan kain bersih selama 30 menit sampai mengembang. Bentuk donat dengan lubang di tengah menggunakan jari tangan atau cetakan. Namun bisa juga donat tidak dibentuk lagi, sehingga hanya berupa bulatan.

5. Goreng Donat
Panaskan minyak yang banyak kemudian masukkan adonan donat. Goreng dengan api kecil sampai matang dan kecokelatan kedua sisinya. Angkat dan tiriskan donat. Lalu sajikan dengan topping sesuai selera.(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*