Inilah Tips Memasak Bayam Dan Kentang Agar Tetap Bernutrisi

bayamPADANGTODAY.com – Vitamin pada makanan dapat ditingkatkan dengan persiapan yang tepat sebelum memasak. Persiapan ini sangat menentukan kandungan nutrisi tetap terjaga maksimal demikian juga manfaatnya. Memasak dapat mengurangi nutrisi dari sayuran.

Berikut beberapa trik dari Ruth Frechman, penulis buku The Food Is My Friend Diet, untuk menambah nutrisi masakan.

1. Bawang Putih
Diamkan bawang putih selama 15 menit setelah mencincangnya. Berdasarkan penelitian, membiarkan bawang putih terpapar udara setelah dicincang dapat meningkatkan reaksi enzim. Enzim tersebut melepaskan senyawa untuk melawan kanker.

2. Bayam
Tambahkan sedikit minyak saat memasak atau menumis sayuran berdaun hijau seperti bayam. Lemak baik pada minyak membantu tubuh menyerap nutrisi yang dilepaskan sayuran saat sedang berada dalam panas. Sebaiknya pilihlah minyak yang sehat untuk memasak.\

3. Kentang
Rebuslah kentang utuh bersama kulitnya. Dengan cara ini, kandungan tinggi vitamin C dalam kentang tetap terjaga. Begitu juga saat merebus, tutuplah panci agar lebih cepat matang. Waktu masak yang lebih lama dapat memicu hilangnya nutrisi yang larut dalam air seperti vitamin C.

4. Ubi
Potonglah sayuran dalam ukuran besar atau masak dalam bentuk utuh. Memasak sayuran seperti labu atau ubi jalar dengan potongan besar, dapat mengurangi paparan permukaan sayuran terhadap udara dan panas. Sebab semakin besar paparannya, dapat merusak kandungan vitamin dan nutrisinya.(dk/nol)

One comment

  1. masakan asli indonesia yang kek gini nih saya suka tapi jujur belum bisa masaknya 100%. Untuk bayam malah saya menambahkan cukup banyak minyak, di tips ini sedikit saja. hm… oke deh terima kasih informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*