Inisiatif Bangun Posko Covid 19, Ketua RT dan RW Diganjar Penghargaan Kapolres Payakumbuh

Payakumbuh, Padang Today – Kapolres Payakumbuh memberikan piagam penghargaan kepada Ketua RW dan RT yang menginisiasi pendirian Posko Relawan Penanganan Covid-19 di Perumnas Kubang Gajah, Kel. Limbukan, Kec. Payakumbuh Selatan, Selasa pagi (14/4).
Ketua RW dan RT Perumnas Kubang Gajah penerima penghargaan tersebut adalah Aiptu Mulia Raja (Ketua RW.03), Aiptu Rinaldi (RT. 01/03) dan Aiptu Masrialdi (Ketua RT. 03/03). Ketiganya adalah personel Polsek Situjuh Limo Nagari Polres Payakumbuh.
Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengatakan bahwa penghargaan diberikan atas dedikasi ketiganya yang bersama warga menginisiasi pendirian Posko Relawan Penanganan Covid-19 Perumnas Kubang Gajah.
Yang patut kita tiru disini adalah Inisiatif, nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong yang tumbuh dari warga dimana secara swadaya menjaga lingkungan dan warga dari wabah Covid. Nilai-nilai kebersamaan seperti ini yang sudah jarang kita temukan. Inisiatif dari anak negeri seperti ini yang dibutuhkan oleh Indonesia sekarang. Tidak berpangku tangan menunggu bantuan dari pemerintah tetapi berinisiatif bahu membahu bersama warga mengatasi permasalahan yang ada” ujar Kapolres.
Kapolres mengucapkan terima kasih ada apresiasi setingi-tingginya kepada personelnya yang sudah mengajak warga bersama-sama membangun Posko tersebut.
“Saya ajak Kapolsek, seluruh Bhabinkamtibmas, beberapa Lurah dan Wali Nagari untuk belajar disini supaya bisa diterapkan di tempat-tempat lain” sambung Kapolres.
Di hadapan seluruh peserta yang hadir, Aiptu Mulia Raja satu persatu menjawab pertanyaan Kapolres terkait pendirian Posko Relawan tersebut. Menurutnya Posko Relawan didirikan atas dasar kebutuhan untuk melindungi warga dari wabah Covid-19.
Setelah dimusyawarahkan, Posko ini didirikan secara secara swadaya dari bantuan masyarakat sekitar. Dengan keterbatasan yang ada, kami bersama-sama bisa mengatasinya. Sudah banyak yang membantu kami termasuk Walikota Payakumbuh dan Ketua DPRD Kota Payakumbuh juga sempat hadir kesini memberikan bantuan“, sambung Mulia Raja.
Kemudian kata Mulia Raja, telah dibangun sistem pendataan dan pengawasan terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP), pendatang dan juga warga yang akan keluar masuk dari Perumnas. Warga yang datang akan disemprot antiseptik. Bila ada pemuda mau keluar Perumnas harus menyerahkan surat dari orang tuanya diketahui RT.
Setelah itu, Kapolres didampingi pejabat utama Polres memberikan sumbangsih berupa Sembako, dispenser, vitamin, masker, uang kas untuk Posko. Sembako juga diberikan untuk dapur umum yang disediakan di samping pos dan warga yang secara ekonomi terdampak akibat wabah Corona.
Kemudian Kapolres meninjau perlengkapan Posko dan mempelajari mekanisme pengawasan ODP dan administrasi yang menyertainya, mekanisme penyemprotan air disinfektan dan sarana pendukung Posko.
Pada kesempatan ini, Kapolres meminta kepada seluruh Kapolsek dan Bhabinkamtibmas untuk mencontoh inisiatif pendirian Posko Relawan serta mengkomunikasikanya dengan Lurah dan warganya masing-masing.
Tokoh masyarakat, Kepala Puskesmas, Lurah Limbukan dan Camat Payakumbuh Selatan secara bergantian mengucapkan terima kasih kepada ketiga personel penerima penghargaan tersebut. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Kapolres atas dukungan dan kerja sama yang terjalin selama ini dalam membangun kepedulian warga terhadap lingkungan dan berharap semoga Inisiatif pendirian posko relawan dapat dicontoh di tempat-tempat lainnya. (Hms/Fik)
Sumber : SagoNews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*