Inovasi Pelayanan Publik, Wawako Suwandel Muchtar dan Kadisdukcapil Mediar Indra Terkesima, Segera untuk Payakumbuh

Wawako H Suwandel Muchtar dan Kadisdukcapil Kota Payakumbuh Mediar Indra di Gelar Inovasi Pelayanan Publik 2016 di Surabaya. H Suwandel Muchtar Bertekad segera untuk Payakumbuh.

Wawako H Suwandel Muchtar dan Kadisdukcapil Kota Payakumbuh Mediar Indra di Gelar Inovasi Pelayanan Publik 2016 di Surabaya. H Suwandel Muchtar Bertekad segera untuk Payakumbuh.

Advertisements

Surabaya, PADANG-TODAY.com-Wawako Payakumbuh H Suwandel Muchtar cukup terkesima dengan daerah lain yang menampilkan inovasi pelayanan publik. Bersama dengan Kadisukcapil Kota Payakumbuh Mediar Indra, keduanya pun menyaksikan langsung Gelar Inovasi Pelayanan Publik yang dilangsungkan di Surabaya 31 Maret hingga 2 April mendatang Jatim Expo Internasional Surabaya. Namun, Kota Payakumbuh termasuk memiliki sistem pelayanan publik yang baik, dengan diutusnya bersama Kota Padang untuk kegiatan ini bersama 55 daerah lainnya di Indonesia.

Gelar Inovasi Pelayanan Publik yang dibuka MenPAN RB dihadiri Bupati dan Walikota dari 57 daerah di Indonesia. Gubernur Sumbar H Irwan Prayitno akan tampil mempresentasikan pelayanan publik di daerahnya, Jumat besok siang. H Suwandel Muchtar dan Mediar Indra termasuk kepala daerah dan peserta yang bersemangat. Bersama Wagub Jabar Deddi Mizwar dan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, mereka juga ikut menyaksikan stan-stan daerah lain yang memperlihatkan sistem pelayanan publik dengan beragam inovasi.

Kadisdukcapil Payakumbuh bersama Wagub Jawa Barat Deddi Mizwar--Naga Bonar. Menyaksikan stand-stand pameran inovasi pelayanan publik.

Kadisdukcapil Payakumbuh bersama Wagub Jawa Barat Deddi Mizwar–Naga Bonar. Menyaksikan stand-stand pameran inovasi pelayanan publik.

Di Gelar Inovasi Pelayanan Publik ditampilkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 51/2016, Kementerian PANRB menetapkan Top 99 inovasi pelayanan publik, dari 2.476 inovasi peserta kompetisi inovasi pelayanan publik 2016. Saat ini, tengah dilakukan penilaian menuju Top 35.

Dijelaskan, kompetisi ini merupakan wujud dari program one agency, one inovation(OAOI), yang mewajibkan setiap kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten/kota wajib menciptakan minimal satu inovasi setiap tahun. Untuk mendapatkan instansi mana yang sudah berinovasi, maka digelarlah kompetisi inovasi.  Kompetisi serupa juga dilear secara international, yakni Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang dikenal dengan United Nation Public Services Award (UNPSA).

Kadisdukcapil Payakumbuh bersama Bupati Kutai Kertanegara Rita Widyasari. Menyaksikan stand-stand pameran inovasi pelayanan publik.

Kadisdukcapil Payakumbuh bersama Bupati Kutai Kertanegara Rita Widyasari. Menyaksikan stand-stand pameran inovasi pelayanan publik.

Sebagai wujud apresiasi, Kementerian PANRB akan menerbitkan buku Top 99. “Hal yang baik perlu dicontek. Begitu pula dengan inovasi. Karena itu, hadir dan melihat  inovasi dan gelar pelayanan publik di Surabaya ini menginspirasi kita, Kota Payakumbuh untuk menyegerakan penyelenggaraan pemerintah yang inovatif dan menjangkau pelayanan publik lebih prima,” ujar H Suwandel Muchtar didampingi Mediar Indra bersemangat.(dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*