Investor Taman Satwa Taru Jurug Solo Harus Kredibel

jurugCirebon, PADANGTODAY.com – Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) ditawarkan ke investor senilai Rp 70 miliar. Nilai tersebut jauh menurun, karena pada tahun 2011, Wali Kota Solo, Joko Widodo (Jokowi) pernah menawarkan pengelolaan ke pihak swasta sebesar Rp 150 miliar. Namun karena terganjal beberapa peraturan daerah, lelang tersebut tak pernah terwujud.

Pihak manajemen TSTJ menargetkan proses lelang bisa dimulai pertengahan September mendatang. Manajemen saat ini masih melakukan revisi sejumlah persyaratan yang dibutuhkan untuk peserta lelang.

“Besaran investasinya hanya Rp 70 miliar, beda dengan tahun 2011 yang mencapai Rp 150 miliar. Karena lokasi pengembangannya juga lebih sempit,” ujar Direktur TSTJ, Lilik Kristianto.

Menurut Lilik revisi persyaratan yang dilakukan diantaranya peserta lelang harus dari lembaga yang kredibel. Harus memiliki latar belakang yang jelas serta memiliki pengalaman investasi di bidang yang sama. Syarat dinilai penting agar nantinya proses investasi itu berjalan mulus dan pengembangan TSTJ bisa dilakukan dalam waktu dekat.

“Investor harus memiliki kekayaan yang jelas, sehingga memiliki komitmen yang jelas untuk membangun TSTJ. Harus berlatar belakang dan berpengalaman dalam berinvestasi di bidang yang sama.Jika tidak dikhawatirkan akan membuat komitmen invetor itu menurun,” ujarnya.

Lilik menambahkan, proses lelang kali ini akan melibatkan Bada Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).Meraka akan melakukan pendampingan agar tidak terjadi penyimpangan.

“Semuanya sekarang sudah siap, termasuk dokumen hasil konsultasi dengan BPKP juga sudah siap. Dalam waktu dekat proses lelang akan kita buka,” katanya.

Lilik menambahkan sampai saat ini baru PT Pembangunan Jaya Ancol yang terlihat serius melakukan pendekatan kepada TSTJ. Sedangkan lembaga lainnya, belum memiliki komitmen yang kuat.

“Kami akan mengundang para investor untuk mengikuti proses lelang tahap kedua kali ini. Kami optimisitis akhir tahun ini investor sudah didapatkan,” pungkasnya.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*