Irfendi Arbi: Disdukcapil Buat Layanan Kecamatan!

Bupati Irfendi Arbi sidak ke Dukcapil disambut Kadisdukcapil Afrizal Aziz

Bupati Irfendi Arbi sidak ke Dukcapil disambut Kadisdukcapil Afrizal Aziz

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bupati Limapuluh Kota Sumatera Barat Irfendi Arbi menyuruh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk segera siapkan layanan sampai di kecamatan.

“Saya sudah instruksikan kepala dinas  menyiapkan pelayanan di tingkat kecamatan dengan baik dan secepatnya,” kata dia saat bekunjung ke Disdukcapil Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu.

Ia mengatakan, jika pelayanan di tingkat kecamatan dimaksimalkan maka akan membantu masyarakat yang jaraknya jauh dari ibu kota kabupaten.

Pihaknya akan menyiapkan petugas di tingkat kecamatan yang akan membawa berkas-berkas kependudukan ke Disdukcapil, jika administrasinya sudah lengkap.

“Sehingga, masyarakat cukup berurusan sampat tingkat kecamatan, tidak lagi ke Disdukcapil,” kata dia.

Irfendi menyebutkan, pelayanan seperti itu dimulai dari sekarang (Rabu, 23/3), dan Disdukcapil diinstruksikan membuat edaran yang akan dikirim ke semua nagari yang ada di 13 kecamatan.

“Nantinya, edaran tersebut akan diumumkan di semua masjid dan mushala, agar masyarakat mengetahui prosdur pengurusan akta kependudukan itu,” kata dia.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Limapuluh Kota Afrizal Aziz mengatakan pelayanan administrasi kependudukan berupan akta kependudukan, kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK) dapat dituntaskan satu hari jika datanya lengkap.

“Kami usahakan pelayan tuntas satu hari, agar masyarakat tidak susah berurusan,” kata dia.

Untuk itu, ia sudah meminta aparatur nagari agar memeriksa dan menyiapkan kelengkapan administrasi jika ada masyarakat yang akan mengurus akta kependudukan ke Disdukcapil, sehingga urusannya cepat selesai.

Salah seorang masyarakat Limapuluh Kota, Arifin mengatakan merasa kesulitan dalam mengurus administrasi kependudukan, sebab untuk sampai ke Disdukcapil setempat harus menempuh jarak hingga 60 kilometer.

Untuk itu, jika ada pelayanan di tingkat kecamatan akan sangat membantu dan meringankan masyarakat, sehingga dapat lebih dekat mendapatkan pelayanan.

“Jika ada pelayanan di kecamatan akan lebih baik, sehingga tidak lagi mengurus administrasi kependudukan ke lokasi jauh,” kata dia.

Ia menambahkan, terkadang mengurus administrasi kependudukan tersebut tidak tuntas satu hari, sehingga masyarakat harus bolak-balik ke instansi terkait untuk mendapatkan pelayanan.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*