Irfendi Arbi Irup SMPN 3 Payakumbuh: Kini Narkoba Mengancam

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menjadi pembina upacara bendera di SMPN 3 Payakumbuh.

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menjadi pembina upacara bendera di SMPN 3 Payakumbuh.

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menegaskan ancaman Narkoba dan tindak kejahatan di Kabupaten Limapuluh Kota semakin memprihatinkan. Hal ini harus menjadi perhatian serius berbagai elemen masyarakat. Hal itu dikatakan Irfendi dalam arahannya saat menjadi pembina upacara bendera di SMPN 3 Payakumbuh di Taeh Baruah, Senin (4/4).

“Tindakan penyalahgunaan narkoba di daerah kita sudah berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Bahkan sudah menjalar ke kalangan anak-anak hingga ke pelosok nagari,” ungkap Irfendi.

Kondisi ini, katanya, menuntut peran serta keluarga termasuk pihak sekolah guna mencegah generasi muda itu terjerumus menggunakan barang haram tersebut. Dengan adanya penyuluhan bahaya narkoba, diharapkan generasi di daerah ini tidak mudah terpengaruh untuk memakainya.

Selain itu, Irfendi juga mengingatkan para siswa berpakaian putih biru ini untuk tidak mendekati maksiat. Bahkan ia meminta siswa yang kedapatan berpacaran bila perlu dikeluarkan saja dari sekolahnya. Sebab, berpacaran juga dikhawatirkan akan menurunkan prestasi siswa.

“Kita ingin anak-anak kita benar-benar melaksanakan shalat lima waktu dan suka mengaji. Kita tidak mau mereka mendekati maksiat.  Jangankan Narkoba, jika kedapatan berpacaran saja, bila perlu siswa itu dikeluarkan saja dari sekolah,” tegas Irfendi.

Terkait dengan pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Bupati meminta seluruh peserta untuk jujur. Ia berharap sekolah-sekolah di daerah ini kembali meraih predikat sekolah dengan Indeks Integritas penyelenggaraan Ujian Nasional (IIUN) yang tinggi.

“Saya bangga 9 sekolah SLTP dan SLTA kita meraih penghargaan IIUN dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswesdan. Saya berharap prestasi kejujuran itu kita tingkatkan lagi dalam pelaksanaan UN tahun ini,” ujar Irfendi.

Menurut Irfendi, anak didik di daerah ini sebenarnya cukup banyak yang berhasil meraih berprestasi membanggakan, baik di tingkat provinsi maupun nasional. Hanya saja kebolehan itu kurang terpublikasikan.

“Banyak prestasi yang berhasil didulang anak-anak Lima Puluh Kota ini. Kemaren saya juga mendapati anak SDLB Tarantang yang berhasil merebut juara 2 atletik lompat jauh tingkat dunia di Amerika tahun lalu,” papar Irfendi.

Pada hari yang sama Bupati juga meninjau pelaksanna UN di SMKN 1 Kecamatan Luak yang diikuti oleh 108 siswa dari empat jurusan. Hari pertama ujian Bahasa Indonesia. Pantauan bupati, pelaksanaan UN berjalan aman dan lancar.

Sementara itu Wakil Bupati Ferizal Ridwan meninjau pelaksanaan UN di SMAN 1 Lareh Sago Halaban dan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Lareh Sago Halaban. Umumnya pelaksanaan ujian tersebut berjalan aman dan lancar.

Ikut hadir dalam berbagai acara tersebut kepala Dinas Pendidikan Radimas, S.Pd, Asisten Administrasi Umum Iryanis, SH dan Kabag Humas dan Protokoler Muhamad S, S.Pd.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*