Irwan : Kita Kembangkan Kemandirian Dalam Membangun Nagari

PADANG,PADANGTODAY.COM-Gubernur Irwan Prayitno dalam kegiatan silaturrahmi Idul Fitri 1435 melakukan kunjungan ke Nagari Barung Barung Balantai, Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, dalam acara Meresmikan Imam Khatib (Pak Katik Adat) Suku Tanjung, Rabu siang (30/7). Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Nasrul Abit, Kepala BPM Syafrizal Ucok, Anggota DPRS Pessel, Camat, Ketua KAN, Walinagari, Tokoh perantau.

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, kegiatan budaya adat “Pak Katik Adat” seperti di Nagari Barung- Barung Balantai Kecamatan Koto XI Tarusan sangat bagus dalam upaya melestarikan adat dan kebiasaan masyarakat kita. Kesemua Ini merupakan tugas kita semua bagaimana adat dan budaya terpelihara dengan baik.

Kegiatan ini selain dapat sebagai mengumpulkan masyarakat (siar Dakwah) serta silaturrahmi berjalan dengan baik. Dan kegiatan ini juga kesempatan bagi anak nagari memiliki kegiatan dalam mengembangan diri dalam alek nagari. Belajar beroganisasi, adat, siar dakwah, silaturrahmi bagi kita di sisi pemerintahan ini menjadi kekuatan dalam meningkatan pembangunan diberbagai sektor, harapnya

Irwan juga menghimbau, orang rantau jangan bosan-bosan pulang kampuang, berilah nasehat anak kemenakan kita dalam meningkatkan kemajuan perkembangan diri anak kemenakan. Dalam pembangunan nagari juga demikian dengan semangat sosial capital ini, mampu menggerakan kemandirian pembangunan dinagari.

Kita menyadari begitu banyak kisah nyata bantuan dan partisipasi para perantau kita yang berkontribusi meningkatkan pembangunan di nagari-nagari. Budaya ini merupakan kebanggaan kita di Sumatera Barat dan perlu kita lestarikan sebagai kekuatan dan modal kuat dalam memajukan pembangunan di segala sektor. Karena kita menyadari keterbatasan program dan anggaran baik di APBN, APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota, ujarnya.

Bupati Nasrul Abit dalam kesempatan itu menyampaikan, melestarikan adat meresmikan Pak Khatik Adat. Acara ini tiap tahun dilangsungkan biasa hari ke tiga lebaran. di Kabupaten Pesisir Selatan hanya dua daerah yang melakukan di Barung-Barung Balantai dan nagari Lunang Silaut.

Dalam pelaksanaan pembangunan , target Pemkab Pessel tahun 2010-2015 adalah keluar dari Kabupaten tertinggal. Kita tinggal menunggu pengumuman Presiden tanggal 15 Agutus nanti. Dan yang cukup membanggakan setelah 15 tahun terakhir kita mendapat WPT dalam penilaian laporan keuangan daerah.

Saat ini yang menjadi problema ada kemacetan jalan utama ke Pessel di daerah Gaung karena arus mudik, harapan kita kepada pemerintah provinsi jalan di Gaung segera di pelebaran, sehingga kemacetan yang memakan waktu 3-4 jam dapat dipercepat seperti biasanya hanya satu jam.

Nasrul Abit juga menyampaikan tentang pembangunan irigasi sawah laweh, yang belum klir, dimana kita patut berterima kasih kepada seluruh pemilik lahan telah bersedia menyerahkan untuk pembangunan irigasi sawah laweh, ada 200 ha sawah yang dapat diairi. Pembangunan Irigasi Sawah Laweh ini merupakan harga diri masyarakat Pessel, ujarnya

Panitia Datuk Imar Loli, Payung Panji Tanjung Serumpun, suku tanjung barung balantai, setiap tahun kami melakukan meresmikan pak katib adat dari suku-suku yang ada di barung-barung balantai. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*