Irwan Prayitno Lepas Baso Adventrail Wisata 2015

Irwan-Prayitno-saat-melepas-peserta-BAso-Adventrail-Wisata-2015
Agam, PADANG-TODAY.com-Sekitar ribuan crosser mengikuti Baso Adventrail Wisata 2015 yang langsung diselenggrakan oleh Komunitas Trail Adventure Baso. Ivent ini dilepas oleh Irwan Prayitno yang juga pecandu trail di Pasar Baso, Minggu (6/9).

Advertisements

Dalam pelepasan ini, Irwan Prayitno didampinggi oleh Bupati Agam Indra Catri, anggota DPRD Sumbar Aristo Munandar dan PJ Wali Kota Bukittinggi Abdul Gafar.

Pada kesempatan itu, Bupati Agam Indra Catri berpesan kepada crosser untuk selalu menjaga kekompakan dan saling membantu selama dalam rute yang dilalui.

“Mudah-mudahan ini menjadi kenangan yang abadi dan indah bagi kita semua. Ivent ini tidak berlangsung kali ini saja, tapi juga dimasa-masa yang akan datang,” harapnya.

Pengurus Ikattan Trail Adventure (ITA) Sumbar, Anto Japang, mengatakan, ivent diselenggarakan komunitas Trabs yang dikordinatorkan oleh Bukittinggi dan Agam. Ini merupakan rekomendasai dari ITA Sumbar untuk memberikan jadwal kepada Bukittinggi yang dikelola oleh pemuda Kecamatan Baso, Kabupaten Agam.

“Kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kodim 0304 Agam dan seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Anto menjelaskan, trak yang dipersembahkan kepada crosser sangat menantang sekali, diawali dengan masuk lumpur, dilanjutkan tanjakan dan terus masuk jalur pacu leter S yang akan mengadu adrenalin crosser. “Kita juga menyediakan trak game untuk crosser yang suka jamping atau terbang untuk menampilkan kebolehannya diudara,” katanya.

Terakhir peserta akan masuk sungai dan kembali akan melalui lumpur yang sangat dalam. Lumpur itulah yang akan dibawa pulang oleh peserta kalau tidak ada lumpur bukan salam lumpur namanya.

Anto Japang mengharapkan kekompakan panitia dengan masyarakat serta peserta harus selalu terjaga, dan jalin koordinasi hubungan yang baik dengan sponsor acara.

Ketua Panitia, Imran Pangaduan, menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenalkan objek wisata minat kusus, karena pihaknya menawarkan konsep adventure yang berbentuk kawasan yang nantinya akan bisa dikembangkan menjadi objek wisata minat kusus dan sekaligus perkembangan ekonomi masyarakat.

“Peserta yang mengikuti ivent ini berasal dari pulau Jawa, Mentawai, Sumbar, Riau, Jambi, dan Bali yang akan melewati jalur yang sangat menentang dan menarik. Serta 20 titik extreme dengan panjang sekitar 40 kilometer”, kata Imran.

Ia mengharapkan, ivent ini dapat membuka pintu untuk pengembangan kawasan objek wisata minat kusus dan kedepannya akan dikembangkan lagi ke offroad, sepeda gunung dan panjat tebing, karena kawasan ini mempunyai lahan yang menarik.

“Mudah-mudahan ivent ini lebih meningkat dan skopnya lebih besar pada tahun berikutnya,” harap Imran mengakhiri. (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*