Isi Khutbah Jumat, Walikota Padang Sampaikan Keutamaan Sepuluh Malam Terakhir Ramadhan

Padang, PADANG-TODAY.com-Menjalankan program Jumat Keliling yang digelar Pemerintah Kota Padang, Walikota Padang H Mahyeldi Dt Marajo kembali menjadi khatib shalat Jumat. Pada kesempatan itu, Walikota menyambangi Masjid Nurussa’adah di Lubuk Bagaluang pada Jumat (10/6) kemarin. Dalam khutbahnya Walikota mengajak jamaah untuk tidak meninggalkan sepuluh malam terakhir Ramadhan.

Advertisements

“Jangan lupakan sepuluh malam terakhir Ramadhan,” sampai Walikota.

Disebutkan juga oleh Walikota lewat khutbah tersebut, pada sepuluh malam terakhir cukup banyak yang didapat. Salah satunya yakni malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar merupakan malam terbaik dari seribu bulan.

“Jika dihitung, seribu bulan itu sama dengan 84 tahun. Saat ini sangat jarang yang berusia 84 tahun. Artinya malam itu hanya hadir sekali seumur hidup, jadi kenapa kita melalai-lalaikan diri,” ucap Walikota.

Selain itu, Walikota mengatakan bahwa saat bulan puasa, Nabi Muhammad SAW memanfaatkan waktunya dengan beribadah.

“Sekarang coba tanya diri kita sendiri, sudah pernahkah kita menamatkan Alquran?” sebutnya di depan jamaah.

Usai melaksanakan shalat Jumat, Walikota kemudian mendengarkan aspirasi warga sekitar. Cukup banyak aduan dan pertanyaan yang dilontarkan warga kepada Walikota. Salah satunya seperti yang ditanyakan Dasrizal. Lelaki separuh baya ini menyebut bahwa dua sekolah yang berada di Lubuk Bagaluang kondisinya tidak layak lagi. Dua sekolah itu yakni SD 02 dan MIN Pampangan.

“Keduanya dekat dengan jalan, apakah bisa dipindahkan Pak Wali,” Ujarnya dengan nada bertanya.

Walikota menjawab bahwa sekolah tersebut bisa saja dipindahkan. Apalagi tak jauh dari sekolah tersebut terdapat lahan kosong milik PSDA Provinsi Sumatera Barat seluas 1.500 meter.

“Untuk itu kita minta izin dulu ke pihak terkait,” tutur Walikota.

Masjid Nurussa’adah berada di depan Universitas Putra Indonesia (UPI). Masjid ini dulunya berada di kerendahan. Akan tetapi karena sering dilanda banjir, akhirnya masjid ini dipertinggi 75 sentimeter. Namun begitu, jamaah masjid tersebut terus meningkat dari waktu ke waktu.

Usai berdialog dengan warga, Walikota Padang menyerahkan dana bantuan kepada pengurus masjid tersebut. Sebanyak 10 juta rupiah disumbangkan untuk pembangunan masjid.

Tampak turut dalam Jumat Keliling itu diantaranya, Kepala Dispernakbunhut Dian Fakri, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Yunisman, Kepala Satpol PP Firdaus Ilyas, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Fatriarman, Dirut PDAM Muswendri Evites, Kabag Kesra Al Amin, serta Kabag Humas dan Protokol Mursalim.(rel/Dodi Syah Putra)

 

Walikota menyambangi Masjid Nurussa’adah di Lubuk Bagaluang pada Jumat (10/6) kemarin.

Walikota menyambangi Masjid Nurussa’adah di Lubuk Bagaluang pada Jumat (10/6) kemarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*