ISI Lakukan Akreditasi Institusi, Hasil Masih Tunggu BAN-PT

Logo-PadangpanjangPADANGPANJANG,PADANGTODAY.COM—Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang terus memacu diri meningkatkan kualitasnya sebagai upaya sejajar dengan perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia. Setelah sukses menaikan akreditasi hampir semua program studi dari C menjadi B, kini perguruan tinggi seni sedang menjalani akreditasi institusi selama dua hari hingga Jumat (23/10).

Advertisements

“Kita tengah menjalani proses akreditasi institusi. Sejak kamis lalu tim assesor dari BAN-PT sudah melakukan visitasi, hari ini akan selesai. Mudah-mudahan hasilnya memuaskan,” ujar Rektor ISI Padangpanjang Novesar Jamarun melalui selulernya, Senin (26/10) kemarin siang.

Pada kesempatan itu, Novesar mengakui akreditasi institusi tersebut baru pertama kali dilakukan ISI Padangpanjang. Seharusnya akreditasi sudah dilakukan jauh-jauh hari atau pada masa kepemimpinan rektor/ketua sebelumnya karena wajib bagi sebuah perguruan tinggi, apalagi perguruan tinggi negeri.

“Untuk dipahami, perguruan tinggi yang tidak diakreditasi sampai batas waktu tertentu bisa dianggap liar dan pemerintah dapat menutupnya,” ungkap Novesar.

Terkait akreditasi yang tengah dijalani ISI Padangpanjang tersebut, Novesar mengaku pihaknya sudah melakukan persiapan yang matang. Dokumen akreditasi yang disusun tim di bawah pengawasan langsung rektor telah disampaikan ke BAN-PT sejak dua bulan lalu.

“Lantaran baru pertama kali, kita tentu belum mengetahui apa nilai yang akan didapatkan, meski kita berharap yang terbaik. Apapun nilai yang didapatkan, manfaatnya bagi ISI Padangpanjang sangatlah besar. Kalau akreditasi institusi sudah ditangan, banyak lompatan-lompatan yang bakal dapat kita lakukan,” jelasnya.

Sementara Pembantu Rektor I, Ediwar menyebutkan tim assesor yang melaksanakan visitasi akreditasi institusi tersebut masing-masing guru besar Universitas Negeri Yogyakarta Prof Suparwoto, guru besar Universitas Gunadarma Prof Bambang Suryawan dan DR dosen Unsoed Haryadi . Dalam visitasi tersebut, pihak yang ditanyai tim assesor meliputi rektor, para pembantu rektor, dosen, karyawan, mahasiswa, alumni, serta para pengguna.

Ditambahkannya, BAN-PT memberikan tanggapan yang positif terhadap ISI Padangpanjang. Baik itu tentang visi misi, sarana dan prasarana, kepemimpinan, mahasiswa dan lulusan, SDM, dan kurikulum yang sesuai dengan visi misi institusi.

“Saat ini kita tinggal menunggu hasil dari BAN-PT. Diharapkan bisa mendapatkan hasil yang baik bagi civitas akademik di ISI Padangpanjang ke depan,” tambah Ediwar. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*