ISI TerapkanPenerimaanLewat SPMB

Padangpanjang, Paadangtoday—Institut Seni  Indonesia ( ISI ) Padangpanjang terus berjuang mencari terobosan untuk memajukan lembaga perguruan tinggi senidi wilayah Barat Nusantara ini.

Advertisements

Disamping ingin meningkatkan status  lembaga tinggi seni ini menjadi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI ), ISI   kini tengahmengusulkan  agar penerimaan mahasiswanya dilakukan lewat seleksi Nasional Masuk Perguruan tinggi Negeri ( SNMPTN).

Selain itu sejumlah program studi juga tengah dalam proses di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional,  di antaranya Prodi baru pendidikan senitari. Prodi pendidikan Musik, pendidikan Kriya,  pendidikan Seni murni danpendidikan Tata busana. Serta membuka JurusanAntropologi budaya, dan jurusan Etnomusikologi.

Pembantu Rektor I ISI Padangpanjang   H Ediwar, pembantu Rektor II Purwo Prihatin, dan purek III Purwo Firdaus dalam bincang-bincang menyebutkan,  obsesi para pengasuh Institut Seni  Indonesia ( ISI ) Padangpanjang yang dipimpin Novesar Jamarun justru lebih jauh lagi dari progres tersebut. Dia justru ingin agar ISI Padangpanjang suatu saat nanti menjadi Universitas Seni Negeri Indonesia.

Langkah-langkah untuk mewujudkan impian menjadikan lembaga tinggi seni ini jadi ISBI sudah dilakukan karena dengan lahan yang ada sekarang obsesi itu tak mungkin dapat dilaksanakan.Untuk itu sejumlah lahan sudahdi jajaki. Seperti di Kabupaten Agam,  Padangpariaman dan Tanahdatar. Namun semuanya masih mengalami kendala, belum ada kepastian yang kongkrit.

Terkait penerimaan Mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017, ISI telahbeberapa kali mengajukan agar penerimaan mahasiswa barunya dilaksanakan melaluijalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri( SNMPTN ). Bahkan dirbelmawa Dirjen Dikti melalui suratnya nomor 5822/B. 4/2014 tanggal 30 Desember 2014 tentang keikutsertaan SNMPTN secara prinsip telah memberikan dukungan.

“Kita berharap penerimaanmahasiswa baru ISI tahuna kademik 2016/2017 sudah bisa dilaksanakan melalui SNMPTN sehingga semakin banyak pilihan bagi lulusan SLTA di Nusantara nantinya. Dan jika semuanya terlaksana maka mahasiswa yang datangkePadangpanjangsemakinbanyak. Kita juga berusaha agar pemerintah kota Padangpanjang bersama seluruh komponen masyarakat dapat memberikandukungan” ujarEdiwar,  PurwoPrihatindan Firdausbe serta Ali Umar.

Menurut Mereka, sebagai lembaga tinggi seni yang lahir dari sekolah Konservatori Karawitan (Kokar) dan kini sudah besar jadi Institut Seni Indonesia (ISI), dan suatu saat nanti berubah lagi menjadi Universitas Seni Negeri Indonesia.

Untuk menampung banyaknya mahasiswa baru ISI Padangpanjang nantinya, sudah dilakukan penjajakan ruangkuliah sementara, diantaranya pemakaiangedung SMAN 2 beser takantor Dinas pendidikan yang akan segera pindahke Sago Ngalau, Termasuk peminjaman gedung Eks Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) yang kini dipakai sebagai kantor Dinas Kesehatan kotaPadangpanjang.

“Pak rektor Novesar Jamarun sangat menginginkan agar lembaga tinggi sen iini tetap berada dan dibesarkan di Padangpanjang.  Namun tanpadukungan dalam penyediaan sarana prasarana terutama lahan atau gedung tempat perkuliahan, niscaya takakan bisa berjalan denganbaik” pungkas para petinggi ISI ini. (nto)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*