ISIS Rilis Buku Panduan Hidup di Daerah Yang Diproklamirkannya

Pawai anggota ISIS.

Pawai anggota ISIS.

Advertisements

PADANGTODAY.COM-Sebuah buku petunjuk bagi mereka yang ingin tinggal di wilayah kekhalifahan yang diproklamirkan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sudah terbit dan diunggah di internet.

Buku setebal 46 halaman itu ditulis oleh seorang anggota ISIS asal Inggris yang bergabung dengan kelompok itu di Suriah tahun lalu.

Buku berjudul Brief Guide to the Islamic State, ditulis dengan gaya bahasa seperti petunjuk perjalanan liburan. Demikian laporan wartawan BBC untuk masalah Timur Tengah, Sebastian Usher.

Gaya penulisan dalam buku ini menggunakan bahasa populer sehari-hari dan tidak menyebutkan kekerasan ekstrem, seperti pemenggalan atau pembakaran hidup-hidup, yang dilakukan ISIS dan disebarkan lewat internet.

Dalam buku itu, wilayah-wilayah yang dikuasai ISIS di Irak dan Suriah digambarkan seperti layaknya tujuan wisata.

“Jika Anda khawatir meninggalkan ‘Costa Coffee’ di tempat Anda, maka Anda akan senang bahwa kekhalifahan juga menyediakan beberapa latte dan cappucino yang terbaik,” seperti tertulis dalam satu bagian buku tersebut.

Selain itu juga disebutkan bahwa orangtua bisa tenang karena ‘benak polos’ anak-anak mereka akan dilindungi dari pelajaran yang mempromosikan homoseksual, evolusi, musik, dan drama.

Penulisnya adalah Abu Rumaysah al Britani, pria asal Walthamstow, London timur. Dia pernah beberapa kali tampil di media Inggris dan selalu memuji ISIS.

Dia ditangkap karena memiliki bahan-bahan terlarang milik ISIS namun melarikan diri saat dibebaskan dengan jaminan dan diyakini sudah berada di Suriah bersama keluarganya.
(BBC Indonesia/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*