Israel Rencanakan Ambil 400 Hektar Wilayah Palestina

israel-ambil-wilayahIsrael, PADANGTODAY.com – Militer Israel di wilayah Tepi Barat kemarin mengumumkan rencana pengambilalihan 400 hektar wilayah Palestina di Tepi Barat. Keputusan ini merupakan pencaplokan tanah terbesar oleh Israel terhadap Palestina selama 30 tahun terakhir.

Pihak militer setempat mengatakan keputusan itu merupakan respon atas penculikan dan pembunuhan tiga remaja Israel di Tepi Barat Juni lalu.

Palestina menyatakan akan menempuh jalur diplomatik untuk menentang rencana ini. Amerika Serikat mendesak negara Bintang Daud itu untuk membatalkan rencananya.

Menurut media Israel pencaplokan wilayah di dekat pemukiman Yahudi Etzion itu buat membangun pemukiman baru bernama Gvaot.

Warga lokal Israel di sana mengatakan mereka ingin membangun rumah di sana. Pejabat Palestina menyatakan di wilayah itu banyak pohon zaitun milik warga Palestina.

Kepala juru runding Palestina Saeb Erekat mengatakan komunitas internasional harus mencegah aktivitas Israel di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Amerika menyatakan langkah Israel itu kontraproduktif dengan tujuan perdamaian solusi dua negara bersama Palestina.

Palestina menginginkan negara mereka mencakup wilayah dicaplok Israel pada 1967, namun hingga kini sekitar 500 ribu warga yahudi tinggal di lebih dari 200 pemukiman di Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur.

Pemukiman Israel itu melanggar hukum internasional namun Negeri Zionis itu selalu menepis soal ini.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*