Jabar Belajar Pengelolaan Sarana Air Bersih Ke Payakumbuh

Jabar Belajar Pengelolaan Sarana Air Bersih Ke Payakumbuh

Jabar Belajar Pengelolaan Sarana Air Bersih Ke Payakumbuh

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Keberhasilan Kota Payakumbuh dalam mengelola air minum dan sanitasi, menarik pemerintah daerah lain untuk datang melakukan studi banding ke Kota Batiah ini. Salah satunya, Provinsi Jawa Barat yang mengutus sejumlah pejabat setingkat eselon II dan III terkait datang ke Payakumbuh,  untuk belajar mengenai pengelolaan sarana air bersih, pengelolaan sampah pasar, sekolah sehat, dan Kota Sehat.

Rombongan Jawa Barat  dipimpin Suliyanti, ME, Kabag Pekerjaan Umum, Energi dan Sumber Daya Mineral Biro Perekonomian Setdaprov, bersama Kasubbag Pemukiman dan Perumahan Dra. Hj. Ajeng Moelyanawati, M.Si, Kasubag Bina Marga dan Perhubungan Ir. Lilis Anggraeni, MT, serta 5 orang fungsional umum yaitu Nenih Hidayani, SE, R. Krisna Gunara, S.Hut, Hafid Firmansyah, S.AP, Aceng Kusmayadi, A.Md dan Dewi Kania, ST.

Menurut  Suliyanti, Kota Payakumbuh termasuk kota yang terkenal dalam keberhasilannya mengelola sanitasi dan lingkungan yang sehat di Indonesia. Apalagi, Kota Payakumbuh telah 4 kali menerima penghargaan sebagai Kota Sehat sejak 2006 yang lalu. “Keberhasilan itu cerminan kerja keras dan manajemen kota yang baik dari Pemko-nya. Ditambah dukungan dari masyarakatnya yang ikut  berperan dalam menyukseskan program  dalam meciptakan lingkungan yang sehat. Hal inilah yang ingin kami tiru dan terapkan di daerah kami,” ujar Suliyanti.

Selain itu, tambah Suliyanti, pengelolaan sumber air minum yang dikelola oleh PDAM Payakumbuh, serta Sekolah Sehat juga turut menjadi bahan pembelajaran bagi rombongan studi banding ini. “Banyak informasi yang bisa kami dapatkan dari Kota Payakumbuh ini,” kata Suliyanti lagi.

Menurut Asisten II Amriul, Kota Payakumbuh dengan tangan terbuka menyambut kedatangan Pemerintah Daerah lain yang datang berkunjung ke Payakumbuh. Hal ini membuktikan, keberhasilan Payakumbuh dalam meraih berbagai penghargaan, khususnya masalah Sanitasi dan Kota Sehat, merupakan keberhasilan yang diraih dengan kerja keras dan kemauan dari masyarakat Payakumbuh sendiri.

Setelah mengamati paparan tentang programnsanitasi, air bersih, pengelolaan sampah dan program penghijauan sekolah, rombongan tamu dari Jawa Barat dibawa mengunjungi sumber air bersih PDAM di Batang Tabik Sungai Kamyuang, kemudian melihat lingkungan  SMAN 2 di Bukit Sitabur Payakumbuh yang sukses merebut Piala Adiwiyata Mandiri dan Piala UKS Nasional.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*