Jakarta Open, Atletik Sumbar Finish di Puncak

Atletik  Sumbar.

Atletik Sumbar.

PADANG, PADANGTODAY.com-Kegemilangan tim atletik Sumbar terus berlanjut. Setelah meraih sukses pada Kejurnas Atletik, Agustus lalu, kali ini giliran tim level remaja yang unjuk gigi. Mereka tampil sebagai pemuncak pada Kejuaraan Remaja Atletik, Jakarta Open 19-20 September 2014.

Dengan raihan 9 medali emas, cikal bakal kontingen PON Remaja I asal Sumbar ini menyingkirkan tim tangguh Jawa Barat dan Jawa Timur yang harus puas nangkring di posisi kedua dan ketiga. Pada iven kali ini, Jabar dan Jatim hanya bisa mengumpulkan  enam medali emas, tapi Jabar unggul dalam perolehan medali perak atas Jatim.

Ketum Pengprov PASI Sumbar Budi Syukur tak bisa menyembunyikan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih tim atletik Sumbar kali ini. “Jujur, kami terkesima atas capaian mereka. Hasil ini patut disukuri dan tentunya menjadi tantangan di masa depan untuk mempertahankannya karena Sumbar tak bisa dipandang sebelah mata lagi,”kata Budi melalui sambungan telepon.

Sekum PASI Sumbar, Arfan Rosyda mengatakan, Sembilan medali emas itu di raih dari pelari jarak menengah, Wahyudi Agus. Turun di nomor 800 dan 1500 meter, Wahyudi menjadi yang tercepat di dua nomor tersebut dan berhak atas medali emas.

Emas ketiga lahir dari pelompat, Chindy Ega Putri dari nomor lompat jauh. Selanjutnya, Dinda Vanesa yang turun di nomor sprint, memenangi lomba lari cepat di nomor 200 meter putri.  Emas kelima dan keenam lahir dari Devina Azzalia dari nomor Tolak Peluru dan Dwina Ade Yulia dari nomor 400 meter putri. Lalu, dua atlet PPLP, masing-masing Irwan Suhadi dan Nanda Marantika turut menyumbang medali emas dari nomor 110 meter dan 400 meter  lari gawang. Emas kesembilan, kata Arfan, disumbang Nur Khaira Ilmi dari nomor jalan cepat 5.000 meter.

Selain emas, Sumbar juga mendapat 7 medali perak, melalui Radafi Arrahmena di nomor 1.500 dan 3.000 meter. Selain itu, juga ada nama Chindy Ega Putri di lompat jauh dan Alifah Maudiah di nomor 800 meter putri. Sementara, Devina Azzalia meraup medali perak dari nomor lempar lembing. Sebelumnya, atlet PPLP Sumbar ini meraih emas di nomor tolak peluru. Dua keping medali  perak lainnya diboyong tim estafet 4 x 100 putra dan putri.

Secara total, Sumbar membawa pulang 19 medali, termasuk tiga medali perunggu, yakni dari Winna Apriliana di nomor 1.500 meter putrid, Afif Muhammad di nomor 400 meter dan Rafika Putra  pada nomor Tolak Peluru.

“Nyaris  seluruh kontingen membawa pulang medali dari ajang ini. Kami memboyong 22 orang atlet ke Jakarta Open dan pulangnya berhasil mempersembahkan 19 medali. Kami pikir ini sebuah prestasi yang membanggakan dan harus tetap dibina untuk masa yang akan dating,”kata Arfan.(can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*