Jalan Kecamatan IV Koto ke Pusat Ibukota Padangpariaman Diperlebar

Bupati Padangpariaman bersama veteran.

Bupati Padangpariaman bersama veteran.

PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.COM -Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni menyatakan, awal tahun 2015 jarak tempuh masyarakat dari Kecamatan IV Koto Aur Malintang ke lokasi Ibukota Kabupaten Padangpariaman di Kenagarian Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung diperpendek dari kondisi sekarang.

“Awal tahun 2015 ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan IV Koto Aur Malintang menuju lokasi ibukota tanpa melalui Kota Pariaman telah diaspal hotmik. Dengan demikian jarak tempuh masyarakat berkurang. Kalau selama ini masyarakat harus melewati Kota Pariaman, awal tahun 2015 mereka bisa melalui jalan V Koto Timur terus ke Kecamatan Patamuan,” kata Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni saat pelantikan anggota Bamus di Kenagarian Sungai Asam, kemarin.

Nanti jalan dari Kecamatan Patamuan tersebut katanya, langsung ke Negari Sungai Asam dan terus ke Paritmalintang lokasi ibukota kabupaten. Sampai saat ini berberapa ruas jalan telah mulai diaspal untuk menuju lokasi ibukota Padangpariaman.

“Mudah-mudahan rencana kita di Pemkab Padangpariaman sesuai dengan waktu. Sehingga lanju pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin cepat di Padangpariaman. Dukungan semua pihak di Padangpariaman sangat menentukan untuk kesuksesan program daerah ini,” ujarnya.

Katanya, dengan dibuka akses jalan baru menuju ibukota kabupaten otomatis ekonomi masyarakat meningkat, karena berbagai kegiatan masyarakat untuk menunjang ekonominya bakal cepat, karena akses jalan telah terbuka. Apalagi jalan yang dibuka ini langsung di aspal hotmik.

“Begitu juga untuk membawa hasil pertanian masyarakat ke pasar atau keluar Padangpariaman bakal mudah, karena arus trasportasi telah lancar. Bahkan masyarakat di sepanjang jalan tersebut bakal mendirikan bangunan-bangunan untuk membuka usahanya. Seperti di jalan masuk di Nagari Paritmalintang saat ini telah banyak berdiri rumah dan toko ( ruko ) milik masyarakat setempat. Kondisi tersebut akan terjadi juga kalau akses jalan dari Kecamatan IV Koto Aur Malintang menuju Nagari Paritmalintang terbuka,” ujarnya. (nur)