Jalan Perjuangan Sikabu-Madangkodok Segera Tuntas, Sisa 750 Meter Dikerjakan

Pengerjaan clearing jalan ruas Sikabu-madangkodok di jorong Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Panjang, Kecamatan Luak, Kamis(6/7). Sumber Foto Arfidel Ilham

Pengerjaan clearing jalan ruas Sikabu-madangkodok di jorong Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Panjang, Kecamatan Luak, Kamis(6/7).
Sumber Foto Arfidel Ilham

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Meski sempat menggantung alias belum tuntas pengerjaannya di tahun 2016 lalu, ruas jalan Sikabu-kabu, Nagari Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Panjang (Sitapa) menuju Madangkodok, Nagari Sungaikamuyang, Kecamatan Luak, dimulai, Kamis (6/7/2017).  Pengaspalan sisa jalan sepanjang 750 meter yang dimulai dengan clearing ini diprediksi akan tuntas dalam waktu satu bulan ke depan.

“Mudah-mudahan dalam satu bulan kedepan, pekerjaan aspal jalan ini akan rampung. Kita melihat pekerjaan cukup cepat di hari pertama dimulai. Saat alat berat melakukan clearing, puluhan unit kendaraan pengankut Base A1 sebagai pelapis langsung mengikuti di belakangnya,” ungkap Hendra Pengawas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Limapuluh Kota, kemarin.

Pada tahun 2016 ruas jalan penghubung antar nagari yang juga disebut sebagai jalan perjuangan di kaki gunung Sago itu, tidak tuntas. Sehingga dilanjutkan pengusulannya oleh Pemerintah Nagari Sitapa yang dipimpin, Walinagari, Maskar M Datuak Pobo didukung oleh anggota DPRD, Yosrizal Datuak Parmato Alam. Sesuai dengan program membangun dari pinggir sesuai nawacita Presiden, Joko Widodo, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi juga menyetujui untuk dituntaskan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas PU dan Tata Ruang, Risman menyebutkan, pembangunan jalan Sikabu-Madangkodok menjadikan dua nagari terhubung sempurna. Artinya pekerjaan jalan dan jembatan di ruas ini sudah tuntas,”Mudah-mudahan akses transportasi masyarakat akan semakin lancar,”ungkap Risman singkat.

Sementara itu, masyarakat jorong Sikabu-kabu, Nagari Sitapa sangat senang dengan pembangunan jalan yang bakaltuntas tahun ini. Sebab sebelumnya jalan yang belum dilapisi aspal hotmix berada di posisi tanjakan,”Alhamdulillah, akhirnya jalan kita diaspal juga,”ungkap Irwan, salah seorang warga diamini Kepala Jorong Sikabu-kabu, Nofrizal.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*