Jalasandora IKA SMPN 11 Padang:
Alumni untuk Kemajuan Sekolah

Desrio Putra dan Syafrial Kani (paling kanan dan kedua di kanan) serta Letkol Inf Syafendi S.Ag, M.Sos, saat menyerahkan hadiah kepada peserta Jalasandora IKA SMPN 11 Padang.

Alumni memiliki peran besar untuk kemajuan sekolah. Sangat banyak peran yang bisa digarap alumni, terutama dalam mengawal sekolah, menjembatani dengan pihak ketiga. Peran tersebut sangat penting saat ini, disaat tuntutan dan tantangan pendidikan yang semakin berat.
Persoalan itu mengemuka disaat hajatan besar Ikatan Alumni SMP 11 Padang, yang menggelar Jalan Santai dan Donor Darah, atau Jalasandora, di sekolah tersebut, Minggu (25/12).
Jalasandora merupakan salah satu agenda tahunan alumni, ditujukan untuk mempererat silaturrahmi sesama alumni, dengan guru, para guru purnabakti, serta mendekatkan diri kembali dengan sekolah.
Menurut Ketua IKA SMPN 11 Padang Letkol Inf Syafendi S.Ag, M.Sos, kegiatan ini tindaklanjut dari program terdahulu. Pada momentum ini dijadikan ajang silaturrahmi. Alumni harus selalu bersatu dan bersama untuk kemajuan sekolah.
Kehadiran para alumni dalam wadah berhimpun, menjadikan motivasi tersendiri bagi sekolah. Bersatunya alumni, akan memberikan nilai positif terhadap sekolah, mau pun terhadap adik-adik mereka yang masih menempuh pendidikan di sekolahnya.
Kepala SMPN 11 Padang Dra Erlinawati menyebutkan, kegiatan dan kembalinya alumni ke sekolah, menjadi semangat baru bagi pelajar dan guru.
“Ini menjadi darah segar bagi kami, semoga pelajar kami akan semakin termotivasi melihat semangat dan dukungan para seniornya,” kata Erlinawati sembari menyebutkan, sekolahnya menduduki peringat III Integritas Ujian Nasional.
Di sisi lain, Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani yang membuka Jalasandora menyebutkan, peran alumni justru semakin besar sejalan dengan kian beratnya tantangan masa depan yang harus dihadapi peserta didik, atau adik-adik mereka. Persoalan bimbingan dan pembinaan karakter sangat dibutuhkan dan harus menjadi salah satu perhatian paling penting.
Ketua DPRD Kota Padang Syafrian Kani yang membuka kegiatan tersebut menyebutkan, kontribusi alumni sangat dibutuhkan untuk menjawab persoalan akhlak dan karakter.
Syafrial Kani membeberkan data, pelaku kejahatan di Kota Padang, dalam sembilan bulan terakhir, didominasi remaja dan dewasa.
Di sisi lain, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Desrio Putra menilai, kehadiran alumni menjadi modal besar bagi perkembangan dan peningkatan kualitas suatu sekolah.
Desrio Putra menyebutkan, sebenarnya dengan adanya kegiatan alumni, diharapkan mampu memberikan motivasi kepada sekolah, adik-adik yang masih belajar, sehingga mereka termotivasi pula menjadi orang-orang yang sukses. Menjadikan mereka orang-orang berprestasi.
Selain jalan santai, donor darah, juga ditampilkan berbagai atraksi, baik atraksi dari aktivitas pelajar, juga penampilan kreasi alumni setiap angkatan. Jalasandora diikuti ratusan alumni dan sejumlah guru serta para guru purnabhakti. *

Ketua IKA SMPN 11 Padang Letkol Inf Syafendi S.Ag, M.Sos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*