Jambore PRB  “Bersama Siap Untuk Selamat”

Padang Panjang, Padang-Today.com – Demi terciptanya masyarakat yang tangguh dan sigap akan bencana yang datang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kesatuan, Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Padang Panjang mengadakan Jambore Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Tingkat Kota Padang Panjang di Mifan Water Park, Senin (27/8).Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Walikota Padang Panjang dr. Mawardi MKM dan dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Kepala SKPD serta Camat dan Lurah se-Kota Padang Panjang.

Advertisements

Dalam kesempatan itu Mawardi mengatakan di awali dari kegiatan Diklat Pembangunan Bencana dan dilanjutkan dengan Sosialisasi Manajemen Logistik bagi Satgas PB pada dua minggu yang lalu, dan hari ini dilaksanakan jambore PRB se- Padang Panjang uang merupakan rangkaian kegiatan dalam lingkup pengentasan dan penanggulangan bencana.

“Tentu ini merupakan nilai tambah bagi kita semua, menjadi sebuah pembelajaran dalam rangka melakukan antisipasi andaikan kita berada dalam suasana darurat bencana”, paparnya.

Keberadaan relawan dan Satgas PB yang tanggap, tangguh dan dapat bereaksi cepat sesuai standar operasional prosedur yang ditetapkan sangat diperlukan demi menyelamatkan korban bencana maupun meminimalisir jatuhnya korban lebih banyak, baik itu segi kuantitas maupun kualitas dari Satgas PB itu sendiri.

Dari pengalaman yang telah ada, para relawan dapat sharing pengalaman, pengetahuan dan keterampilan dalam penanggulangan bencana yang kemudian hari dapat menjadi sarana penunjang kelancaran,
koordinasi dan kerjasama dalam upaya pencegahan, tanggap bencana dan pasca bencana.

“Dengan begitu, mari sama- sama kita ikuti kegiatan ini dengan baik dan mengamalkan ilmunya, mengambil momen ini sebagai kesempatan berharga dalam meningkatkan kesiapsiagaan kita terhadap bencana”, kata Mawardi.

Terakhir, beliau mengingatkan ikutilah kegiatan ini dengan sebaik mungkin, karena menjadi relawan merupakan panggilan hati, sehingga tenaga dan pikiran yang disumbangkan bukanlah sebuah keterpaksaan.

Sementara itu, Kepala BPBD Kesbangpol Padang Panjang Drs. Erizal, M.Si menambahkan tujuan dari kegiatan ini yaitu bagaimana dapat meningkatkan kelembagaan BPBD Kesbangpol dan Satgas PB dalam upaya PRB serta dapat saling berbagi pengetahuan tentang bencana yang terjadi.

“Sesuai dengan tema PRB sendiri “Bersama Siap Untuk Selamat””, tegasnya.

Kegiatan jambore tidak hanya memberikan materi dan sharing pengalaman, tetapi juga ada agenda perlombaan yang berhadiah.

Jambore tersebut dilaksanakan dalam tiga hari (27-29) nanti dengan jumlah peserta 160 orang yang diikuti 10 orang tiap kelurahan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*