Jaminan BPJS Ketenagakerjaan Bagi Perangkat Nagari Jadi Target Pemkab

Wakil Bupati Ferizal Ridwan rapat terbatas dengan Kepala BPJS Bukittinggi dan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja terkait wacana pemberian jaminan tenaga kerja bagi perangkat nagari.

Wakil Bupati Ferizal Ridwan rapat terbatas dengan Kepala BPJS Bukittinggi dan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja terkait wacana pemberian jaminan tenaga kerja bagi perangkat nagari.

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menargetkan dapat memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan atau BPJS Ketenagakerjaan terhadap seluruh perangkat nagari. Program ini menjadi wacana Pemkab di bawah kendali pasangan kepala daerah, Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan ke depan.

Wacana terkait program BPJS Ketenagakerjaan ini, disampaikan Wakil Bupati Ferizal Ridwan, saat melakukan rapat tindak-lanjut bersama Kepala Cabang BPJS Bukittinggi Afriadi, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Husin Daruhan, serta Kabag Pemerintahan Nagari, Herman Azmar di ruang kerja Wakil Bupati, Senin (8/8).

“Kita ingin, seluruh perangkat nagari di Limapuluh Kota tahun 2016 ini dapat memperoleh jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJS, tanpa terkecuali. Program ini, sudah dibicarakan dengan Menaker Hanif Dakhiri, ketika kami berkunjung ke Jakarta beberapa waktu lalu. Beliau setuju, mencanangkan program ini di Limapuluh Kota,” sebut Wakil Bupati Ferizal Ridwan.

Wabup Ferizal menyebut, BPJS Ketenagakerjaan ini diharapkan bisa menjadi jaminan sosial kerja bagi para perangkat desa yang bertujuan pada peningkatan taraf hidup para perangkat desa. Karena pemberian jaminan sosial ini mampu meringankan beban para perangkat desa apabila terjadi sesuatu di luar harapan.

Kepada Bagian Pemerintah Nagari Setkab Limapuluh Kota, Ferizal meminta nantinya bisa menyosialisasikan program BPJS Ketenagakerjaan ini ke seluruh perangkat nagari, disamping melakukan pendataan dan pengisian formulir pendaftaran. Nantinya isian tersebut diterima kembali BPJS Cabang Pembantu Bukittinggi.

Dia berharap, pada akhir tahun 2016 seluruh perangkat desa sudah terdaftar dan ikut program BPJS Ketenagakerjaan.

“Mudah-mudahan, 2016 ini seluruh perangkat nagari kita di 79 nagari sudah tercover semua. Kami bakal diskusikan ini bersama Bapak Bupati Irfendi Arbi, untuk dibuatkan Perbupnya,” sebutnya.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Husin Daruhan mengaku serius menggarap salah satu program pusat ini. Program BPJS Ketenagakerjaan, katanya, ini sangat bagus karena seluruh perangkat nagari nantinya akan mendapatkan jaminan sosial yang berimbas pada peningkatan rasa aman, lebih merasa terlindungi dan kinerja jadi lebih bersemangat.

“Kami harap dukungan BPJS,” sebutnya.

Husin mengaku optimis, program ini akan berjalan sukses di Limapuluh Kota, mengingat kondisi keuangan nagari, jika dikerjakan secara serius. Adapun Kepala Cabang BPJS Bukittinggi, Afriadi, menyebut bakal segera membahas wacana tersebut bersama jajarannya, guna menindaklanjuti rekomendasi Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dakhiri.

Sesuai ketentuan, katanya, program BPJS Ketenagakerjaan ini terdiri 4 program jaminan yaitu jaminan kesehatan kerja, jaminan keselamatan kerja, jaminan kematian dan jaminan pensiun.

“Yang jelas, rencana program ini akan kita tindaklanjuti dan akan segera kami koordinasikan ke Pak Wakil Bupati,” sebut Afriadi, yang didampingi Kepala Pemasaran Alwani Fitra Jaya, serta Pengawas Pemeriksa Ganto Suaro.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*