Jangan Tunggu Kaya Bersedakah

Padangpanjang, PADANG-TODAY.com-Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, mengharapkan kepada masyarakat yang ada di daerah itu supaya berzakat jangan sampai menunggu kaya.

“Jangan menunggu kaya bersedekah, karena bersedakah itu tidak akan mengurangi harta,” kata Ketua BAZ Padang Panjang, Azwir di Padang Panjang, Kamis.

Ia menambahkan, bersedakah itu harus ikhlas untuk mengurangi sifat riya yang ada pada pemberi zakat (muzaki) dan mendapatkan pahala dari yang maha kuasa.

Lebih baik sedikit bersedakah dengan ikhlas dari pada banyak tapi tidak ikhlas dengan tujuan riya kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia menyebutkan, BAZ Padang Panjang saat ini dalam menyalurkan zakat memiliki sejumlah program seperti, ekonomi produktif, Padang Panjang Cerdas, Padang Panjang sehat dan Padang Panjang peduli.

“Kami sudah menyalurkan zakat ekonomi produktif dalam program Padang Panjang Makmur, sebesar Rp299,2 juta kepada 151 orang,” lanjutnya.

Zakat yang diserahkan itu, sebut dia, sudah yang kedua kali secara kolektif kepada yang berhak menerimanya dengan nilai bervariasi, dari Rp1 juta sampai Rp5 juta.

Sebelum dilakukan penyaluran zakat tersebut, BAZ Padang Panjang terlebih dahulu melakukan sosialisasi terhadap para mustahik. Tidak itu saja, pihak BAZ Padang Panjang juga terlebih dahulu melakukan verifikasi terhadap para mustahik.

Pemerintah kota (pemkot) Padang Panjang mendukung program yang akan di laksanakan oleh BAZ setempat untuk kesejahtaraan masyarakat.

“Program BAZ selama ini bisa membangkitkan masyarakat dari keterpurukan ekonomi, sehingga program BAZ tersebut sudah seharusnya ada dukungan dari Pemkot Padang Panjang dalam berbagai hal,” kata Wakil Wali Kota Padang Panjang, Mawardi. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*