Jelang Lebaran, Distribusi Air PDAM yang Tidak Lancar Dikeluhkan Warga

Distribusi air PDAM yang tidak lancar dikeluhkan warga.

Distribusi air PDAM yang tidak lancar dikeluhkan warga.

Advertisements

Padang, PADANG-TODAY.com-Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menjelang lebaran ini dikeluhkan oleh warga Kampung Baru Berok, Siteba. Keluhan warga tersebut berkaitan dengan aliran air di rumah-rumah warga yang begitu kecil. Air yang keluar dari keran yang sudah dibuka secara penuh hanya mengeluarkan beberapa tetes air saja.

Keluhan tersebut disampaikan oleh salah satu warga Kampung Baru Berok, Eni saat tengah menyiapkan panganan persiapan lebaran, Jumat (1/7) sore.

“Air yang keluar kecil seperti ini sudah lama berlangsung. Warga banyak mengeluh, apalagi kalau masuk waktu sore, orang banyak butuh air. Memasak, mandi, meremdam pakaian, serba susah. Apalagi mau lebaran, banyak ibu-ibu yang butug air untuk memasak kue-kue,” ungkapnya.

Ditambahkannya, akibat kesulitan memperoleh air tersebut banyak warga yang harus menampung persediaan air di ember-ember dan bak penampungan sedari tengah malam saat penggunaan air oleh warga lain tidak begitu banyak. Walau demikian, air yang mengalir dari keran masih dalam intensitas kecil.

Saat ditanyakan mengenai penyebabnya, belum diketahui pasti oleh warga. Ada yang menduga kurang kencangnya distribusi air melalui keran ke rumah-rumah warga disebabkan sudah banyaknya cabang-cabang pipa di hulu. Namun ada juga yang mengira beberapa konsumen lain yang menggunakan pompa air pada pipa distribusi, sehingga tekanan air ke rumah yang tidak menggunakan pompa menjadi lemah.

“Kami kira ada perbaikan. Namun setelah beberapa pekan hingga sekarang, tidak ada pemberitahuan atau tanda-tanda air akan kencang lagi alirannya,” ungkap Eni heran.

Akibat tersendatnya distribusi PDAM, banyak aktivitas warga yang terhalang.

‘’Jika warga akan salat di masjid, terpaksa harus menyiapkan dan menampung air dulu sedari awal di rumah,” imbuhnya.

Warga sangat membutuhkan informasi dari pihak PDAM mengenai tidak lancarnya aliran air tersebut. Lebih jauh, warga juga mengharapkan adanya solusi dan penanganan cepat oleh pihak PDAM. Pembayaran bulanan yang masih sama ketika lancar atau tidak seperti sekarang tidak dipermasalahkan warga. Hanya saja diminta kesigapan petugas PDAM untuk memastikan air dapat terdistribusi dengan baik kembali.

“Lebaran ini rumah-rumah akan banyak membutuhkan air. Kita harapkan kejelasannya,” tutupnya harap.(Novaldi Herman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*