Jelang Operasi Keselamatan 2018, Ini Himbauan Kapolres Tanah Datar

Fhoto : Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Tahun 2018 diwilkum Polres Tanah Datar dilaksanakan, tampak Kapolres AKBP. Bayuaji Yudha Prajas saat menyematkan pita bertanda operasi dimulai.(ddy)

Advertisements

TANAH DATAR, www.padang-today.com,- Sejak diberlakukan Undang Undang (UU) Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 yang mulai efektif berlaku secara nasional dari tahun 2010 lalu, Kepolisian Negara Republik Indonesia selalu serentak melakukan operasi, termasuk Operasi Keselamatan untuk tahun 2018 ini.

Tidak ketinggalan, jajaran Polres Tanah Datar juga mengelar pasukan Operasi Keselamatan Singgalang 2018 yang juga melibatkan Satuan Pol PP, Perhubungan dan TNI di Lapangan Mapolres Tanah Datar, Kamis (01/13/18) yang dibuka langsung Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas.

Gelar pasukan yang juga dihadiri oleh Forkopimda Tanah Datar, Kapolres menghimbau, bagi  pengguna kenderaan sepeda motor dan mobil, agar mempersiapkan dan melengkapi seluruh peralatan dan persyaratan dalam berkendaraan.

“Polres Tanah Datar dalam gelar operasi ini menyebut nama sebagai Operasi Keselamatan Singgalang 2018  yang bertujuan nantinya kegiatan ini agar seluruh pengendara roda dua, dan lebih agar melengkapi dan mematuhi seluruh peraturan dalam berkendaraan,” terangnya AKBP. Bayuaji.

Misalnya, ungkap Kapolres pengendara harus memperhatikan kaca spion, menggunakan helm bagi pengendara roda dua, tidak menggunakan HP saat membawa kendaraan, aktifkan lampu, pakai sabuk pengaman bagi pengendara roda empat atau lebih, melengkapi surat-surat dan lain sebagainya.

“Sebelum operasi itu dimulai hendaknya pengendara melengkapi atau mematuhi syarat berkendara sejak sekarang. Kalau turun nanti angka kecelakaan, artinya masyarakat sudah sadar patuh dan taat dalam melengkapi persyaratan berlalulintas,” paparnya.

Perwira dua melati ini menambahkan, sebelum operasi ini dimulai sejak tahun 2017 lalu, mengalami penurunan dibanding tahun 2016 sebelumnya yakni 88 kasus per 93 kasus ditahun 2016.

Untuk itu, ia berharap, pada operasi ini nanti angka itu bisa menurun.

Bayuaji menambahkan, jika dalam operasi ini lebih mengedepankan tindakan preventif, personil yang akan melaksanakan tugas dilapangan agar bersikap humanis kepada masyarakat. Namun anggota tetap akan melakukan tindakan tegas dengan tilang apabila pengendara melanggar ketertiban lalulintas yang dapat mengakibatkan fatallitas kecelakaan.

Apel yang dihadiri kurang lebih 200 anggota tesebut, terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Damkar serta Dishub. Setelah apel di gelar, para Forkopimda melakukan pengecekan terhadap Kendaraan yang akan diterjunkan selama operasi.

Selama 21 hari kedepan, Operasi ini akan dilaksanakan diwilkum Tanah Datar yang akan berakhir hingga tanggal 24 Maret 2018 depan. (ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*