Jimly Yakin Rekonsiliasi Jokowi-JK Dan Prabowo-Hatta Akan Terjadi

jimlyyJakarta, PADANGTODAY.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan pasangan Jokowi-JK sebagai pemenang Pilpres 2014. Kemenangan keduanya diperkuat dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak seluruh gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Tapi sampai detik ini, belum ada tanda-tanda Prabowo-Hatta mengucapkan selamat kepada Jokowi-JK. Mantan Ketua MK, Jimly Asshiddiqie, menyarankan kedua pasangan segera melakukan rekonsiliasi. Meski dia menyadari kondisi ini sebenarnya wajar saja terjadi.

“Perlu rekonsiliasi, tapi itu biar alamiah, enggak usah dipaksakan karena kita kan belum punya pengalaman sebagai bangsa, punya Pilpres yang membelah dua warga bangsa kita, kalau di Amerika kan udah 2,5 abad, sudah biasa, capresnya selalu dua, kita ini baru kali ini,” kata Jimly di Depok, Sabtu (30/8).

Jimly yakin rekonsiliasi antara Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta pada saatnya akan terjadi. Soal waktunya, hanya kedua pasangan yang bisa menjawab.

“Rekonsiliasi itu harus kita lakukan secepatnya tapi bisa juga selama 5 tahun. Nanti akan ada rekonsiliasi tapi rekonsiliasinya fungsional saja, sebab ada baiknya nanti kalau pembelahan dua kekuatan politik itu bisa dilanggengkan. Itu akan membangun tradisi dua kubu, walaupun partainya banyak tapi kubu kekuatan politiknya dua dan itu sehat,” ujarnya.

Pilpres kemarin juga berpengaruh pada hubungan sosial antar warga. Menangapi itu, Jimly berpendapat tak perlu dibesar-besarkan karena masyarakat Indonesia pada umumnya sudah biasa dengan perbedaan.

“Masyarakat pun sudah berabad-abad terbiasa dengan pluralitas kebhinekaan, kalau sekedar cuma dua itu kan lebih gampang dua kekuatan, selama ini kan ribuan kekuatan, kita bisa survive (hidup), jadi tidak perlu kita terlalu kuatir,” ujarnya.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*