Jokowi Akan Umumkan Struktur Kabinetnya Sore Ini Di Kantor Transisi

jokowi di kantor transisiJakarta, PADANGTODAY.com – Presiden terpilih periode 2014-2019 Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Senin (15/9), akan menyampaikan struktur kabinetnya yang telah dibentuknya bersama Tim Transisi. Rencananya, sore nanti Jokowi akan mengumumkannya di Kantor Transisi.

“Nanti sore. Di Rumah Transisi,” ungkapnya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (15/9).

Jokowi masih enggan memberikan bocoran mengenai berapa menteri yang akan mendampinginya. Dia hanya meminta untuk menunggu pengumumannya hingga sore nanti.

Jokowi juga mengaku sampai saat ini masih belum menentukan siapa-siapa saja yang akan menempati posisi menteri. Sebab Jokowi masih akan berfokus kepada struktur kabinet. Setelah itu baru nanti memasukkan nama-nama yang berkompeten.

“Hari ini baru kira-kira berapa jumlah kementeriannya. Ya nanti berapanya,” tutupnya.

Seperti diketahui, Tim Transisi akhirnya hanya mengusulkan satu struktur kabinet dengan 34 menteri. Salah satu Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto mengatakan, usulan tersebut telah diterima Jokowi. Kini mereka mendapatkan tugas baru darinya.

Dia menambahkan, setelah dapat merencanakan penganggaran sebanyak 34 menteri maka akan lebih mudah jika struktur kabinetnya dikurangi. Sehingga untuk awal, Tim Transisi akan membahas lebih lanjut mengenai bagaimana proses penganggaran pada masing-masing kementerian hingga jajarannya.

“Karena kalau kita bisa melakukan efisien bisnis di level 34 pasti akan lebih mudah melakukannya di level yang lebih rendah. Makanya yang pertama 34, oke sudah dipahami. Selanjutnya apa. Bisnis prosesnya diotak-atik dari yang 34 itu. Karena pasti lebih mudah kala 31, 20,” tutup Andi.

Beberapa waktu lalu, Deputi Tim Transisi, Hasto Kristiyanto juga menegaskan bahwa tanggal 15 September adalah batas akhir tim transisi membahas postur kabinet bersama Jokowi, namun pengumuman postur kabinet yang akan digunakan Jokowi-JK akan dilakukan oleh Jokowi yang waktunya diserahkan kepada presiden terpilih tersebut.

“Tanggal 15 (September) itu kita (tim transisi) selesai kerja, pengumuman terserah beliau (Jokowi). Sabtu ini masih ada presentasi-presentasi,” tutur Hasto.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*