Jokowi Untungkan Asing Jika Naikkan Harga BBM

jokowi-untungkan-asing-jika-naikkan-harga-bbm
PADANGTODAY.com-Mantan Menteri Keuangan era Presiden Soeharto, Fuad Bawazier menyebut ada kepentingan asing yang mendesak pemerintahan baru dipimpin presiden terpilih Joko Widodo untuk menaikkan harga BBM bersubsidi.

Fuad menuding, salah satu pihak yang mendesak dan bakal meraup untung jika harga BBM dinaikkan adalah kreditur pasar uang di luar negeri. Dengan berkurangnya anggaran subsidi maka mereka semakin leluasa menawarkan kredit baru ke Indonesia.

“Logika mereka, kalau Anda tidak keluarkan uang membayar subsidi BBM, uang itu bisa meningkatkan utang Anda. Indonesia jadi pasar mereka, mereka memberi kredit. Dikasih bunga berapa saja juga nurut saja kita. Makin banyak uang kita makin leluasa mereka memberi kredit,” ucap Fuad dalam diskusi di Jakarta, Senin (29/9).

Tidak hanya itu, Fuad juga menuding pihak lain yang diuntungkan dari kenaikan BBM subsidi adalah kelompok asing di sektor ril. Mereka selama ini mengincar bisnis sektor hilir atau SPBU. Selama ini mereka kalah bersaing karena BBM di Indonesia masih disubsidi dan jauh lebih murah dibanding yang dijual SPBU asing.

“Mereka selama ini ingin mengincar bisnis SPBU. Seperti Petronas, Shell, sekarang mereka engga kuat. Kalau tidak ada subsidi mereka bisa bersaing,” tutupnya. (dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*