Jumat,Targetkan Tuntas Periksa Administrasi Balon Anggota DPD-RI

Advertisements

Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menarget pemeriksaan administrasi berkas bakal calon anggota  DPD-RI tuntas pada Jumat (4/5).

    “Tim verifikasi syarat dukungan balon DPD RI KPU Sumbar targetkan sampai Jumat ( 4/5)  telah selesai melakukan verifikasi administarasi syarat dukungan balon DPD RI,”kata Komisioner KPU Sumbar Divisi, Nurhaida Yetty di Padang.

     Ia menjelaskan,seluruh dokumen dari 26 bakal calon DPD Sumbar yang sudah KPU Sumbar terima selanjutnya dilakukan penelitian administrasi satu persatu dokumen.

      Ada beberapa syarat dari verifikasi administrasi tersebut jika dalam penelitian administrasi belum memenuhi syarat, maka akan dikembalikan untuk diperbaiki sesuai dengan peraturan KPU yang ada.

     “Masa perbaikan ini balon anggota DPD-RI untuk melengkapi kekurangan,”ungkapnya.

     Nurhaida Yetty menambahkan, setelah masa pemeriksaan administrasi berkas dukungan nantinya akan ada masa perbaikan. Masa perbaikan ini mulai 14 hingga 20 Mei 2018.

     “Setelah itu tuntas, baru kita verifikasi faktual dukungan tersebut di KPU kabupaten/kota,”imbuhnya.

     Terkait ada foto kopi KTP milik Nurhaida Yetty dalam berkas dukungan balo anggota DPD-RI inisial “s”. Nurhaida Yetti menyatakan,sekalipun tidak ada menyerahkan ataupun memberikan foto KTP pada balon anggota DPD-RI dapil.

     “Saya tidak pernah menyerahkan foto KTP pada balon anggota DPD-RI,waktu jadi dosen pun tidak memberikan dukungan berupa foto kopi KTP,”katanya.

    Ia menjelaskan, dukungan berupa foto kopi KTP diketahui ketika tim verifikasi menemukan diberkas administrasi salah satu balon anggota DPD-RI.

    “Saya kaget ketika Tim verfikasi menemukan dan langsung memberitahukan dimana dalam berkas salah satu balon anggota DPD-RI ditemukan foto kopi KTP,”katanya

     Ia menambahkan, balon anggota DPD-RI tersebut pada Rabu (3/5) sudah membuat permintaan maaf.

     “Surat permintaan maaf tersebut ditanda tangani diatas materai oleh balon Anggota DPD-RI,sudah diserahkan pada Rabu (3/5) sore,”katanya.

     Sementara itu balon anggota DPD-RI inisial “S” ketika dijumpai pada Kamis (3/5) di KPU Sumbar tidak mau untuk dikomentar. “Saya lagi sibuk, nanti saja dijelaskan,”katanya.(nat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*