Jumlah Wasit Porprov Membludak, SC Bakal Rasionalisasi

 

SC Porprov XIII Sumbar Syaiful SH

SC Porprov XIII Sumbar Syaiful SH

PADANG,padangtoday.COM -Membludaknya jumlah wasit yang diusulkan Pengprov cabor Sumbar membuat panitia Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII di Dharmasraya Desember 2014 menjerit.

Dengan kondisi ini, SC sebagai penggelola bakal melakukan rasionalisasi wasit-wasit ini.

Selain jumlahnya hampir 2.000 wasit dari 29 cabang olahraga, honornya juga sangat tinggi, di mana cabor ada yang mengusulkan Rp700 ribu perhari. Atas dasar itu, SC bersama panitia Porprov XII akan melakukan rapat dengan cabor, 8 September mendatang di Kota Padang.

“Saat ini ada sekitar 2.000 wasit yang diusulkan cabor. Karena jumlahnya cukup banyak,maka kami akan melakukan peninjauan ulang dan menyesuaikan dengan kebutuhan daerah dan cabor,” terang Ketua SC Porprov Syaiful di sekretariat KONI Sumbar, Rabu (4/11).

Katanya,SC bersama panitia akan melihat jumlah atlet dan lama pelaksaanaan. Kalau cabor pesertanya hanya 50 orang, tentu tidak mukin, wasitnya 50 orang.”Kita akan melihat kebutuhan cabor, kita tidak ingin cabor yang hanya diikuti beberapa peserta, tapi jumlah wasitnya banyak,” tegasnya.

Sementara untuk honor,jelasnya, cabor juga mengusulkan diluar kemampuan panitia, di mana ada cabor yang meminta Rp700 ribu perhari. Soal ini, panitia juga akan melakukan peninjauan.

“Soal honor wasit akan disesuaikan dengan kemampuan panitia, di mana panitia hanya mampu memberikan Rp200-250 perhari,” terangnya.

Porprov ini, tambah Syaiful, adalah pembinaan KONI berharap pemprov juga bisa memahami dengan menyediakan SDM wasit/juri yang juga mau membantu.

“Porprov ini adalah pembinaan untuk menuju nasional, makanya semua pihak harus memaklumi,” terangnya. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*