Kabut Asap Bukan Azab Tetapi Fitnah

PADANG,PADANGTODAY.COM – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang Buya Duski Samad menyebut, kabut asap yang melanda sebagian Indonesia bukanlah suatu bencana maupun azab. Akan tetapi Duski mengatakan bahwa kabut asap adalah fitnah.
“Kabut asap ini bukanlah azab akan tetapi lebih kepada fitnah,” ujarnya saat berdialog bersama Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo di RRI Pro 1, Rabu (28/10).
Duski Samad mengatakan dalam kehidupan ini ada tiga ujian yang diberikan Allah SWT kepada umatNya, yakni musibah, bala dan fitnah.
“Fitnah itu tidak saja tuduhan, tetapi juga seperti ujian yang diberikan Allah kepada kita sekarang,” katanya.
Disebutkan Duski, fitnah ini (kabut asap) bersumber dari kita yang pasti ada sebabnya. Ada unsur ulah manusia. Karena itu Duski menyebut bahwa dengan ujian yang diberikan Allah ini agar manusia tetap sabar dan memproteksi diri. Proteksi diri ini yakni mengamankan keluarga dan diri sendiri dengan mengenakan masker. Kemudian mendengarkan setiap saran dan mematuhi himbauan yang diberikan pemerintah atau yang memiliki pengetahuan lebih, serta menumbuhkan rasa malu kepada Allah SWT.
“Mari kita menyadari kesalahan diri dengan bertaubat dan melaksanakan shalat Istisqa’,” ujar Duski.
Di sisi lain, Duski mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menghujat dan selalu berprasangka baik kepada Allah SWT dengan terjadinya kabut asap ini. “Apapun yang terjadi berprasangka baiklah kepada Allah serta pemerintah. Sikapi dengan cara elegan dan tak baik mengumpat dan sebagainya,” tukuk Duski.(*can)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*