Kakankemenag Payakumbuh Asra Faber Kalibrasi Kiblat di SMAN 4 Payakumbuh

Kakankemenag Kota Payakumbuh Asra Faber muhadarah di SMAN 4 Payakumbuh

Kakankemenag Kota Payakumbuh Asra Faber muhadarah di SMAN 4 Payakumbuh

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Kakankemenag Kota Payakumbuh, H Asra Faber melakukan pembinaan keagaamaan siswa SMA Negeri 4 Payakumbuh (09/09/2016) dalam kegiatan muhadharah. Tampak hadir Pgs. Kasi Pendidikan Agama Islam, Pengawas PAI dan Dewan Pendidikan Kota Payakumbuh, Wandi Syamsir. Telah menanti Sang Kepala SMAN 4 Payakumbuh Makziwel bersama majelis guru dan siswa di Lapangan Basket.

Di SMAN 4 Payakumbuh sekaligus mengkalibrasi arah kiblat dengan alat Theodolit, Hape Android, cara manual 294 derajat, serta dengan kompas bertali. Makziwel dan warga sekolah semangat dengan kegiatan ini.

SMA Negeri 4 Payakumbuh sekolah yang berbasis keagamaan. Berdiri tahun 2010 lalu, saat ini memiliki 918 siswa dengan 30 rombel dan 60 guru yang setia mendidik dengan pola pembinaan dan memberikan contoh. Makziwel yang kerap disapa Azi selaku kepala sekolah yang kaya inovasi dan gebrakan untuk mewujudkan pendidikan yang berkarakter termasuk program tahfidz yang berjalan sudah 2 tahun.

”Program Kembali ke Surau kita terapkan di sekolah ini, bukan hanya slogan, silakan lihat sendiri di lapangan,” Makziwel menjamin program sekolahnya yang bernafaskan agama ini.

Dalam muhadarah yang disampaikan oleh H Asra Faber memaparkan 5 prinsip yang mesti ada dalam jiwa seorang muslim sejati. Bahwa Islam sangat mementingkan akal sehat dalam berbuat. Islam sangat menghargai nyawa dan jiwa manusia dengan adanya qishas. Islam sangat mementingkan halalan thoyyibah, islam mementingkanmenjaga keturunan yang sah dengan pernikahan yang sah menurut agama Islam. Peraturan Negara dan adat setempat dan Islam mementingkan jihad memelihara aqidah Islam.

Asra Faber menyempatkan diri untuk menguji hafalan dengan program tahfidz yang diterapkan di sekolah ini. Langsung memberikan reward kepada siswa yang mampu menyambung dengan sempurna surat AlBaqarah yang dibacakan Asra Faber.

Siswa itu menolak secara halus amplop reward yang diberikan Asra Faber.

”Saya sangat kaget, baru kali ini seumur hidup kami, ada siswa yang menolak dengan halus reward tahfidz yang saya berikan,” ujar Asra Faber.

Kepada siswa SMA Negeri 4 Payakumbuh  Asra Faber menyampaikan kepada pelajar, untuk senantiasa menjaga amanah yang telah diberikan orangtua.

”Jangan menjadikan uang jajan yang diberikan orangtua untuk membeli narkoba, minuman keras dan lem. Lewat iman dan ilmu, kita filter perbuatan maksiat yang merusak jiwa raga pelajar,” nasehat Asra Faber kepada para siswa.

Pengurus Dewan Pendidikan Wandi Syamsir menyampaikan bahwa SMA Negeri 4 Payakumbuh di bawah kepemimpinan Makziwel bekerjasama dengan Dewan Pendidikan membina pelajar dengan kegiatan ekstra kurikuler.

”Seperti peliputan yang kita laksanakan saat ini. Kegiatan ekskul akan membuat pelajar menjadi kreatif dengan keterampilan yang kita berikan, sehingga bisa mencegah pelajar untuk berbuat maksiat,” ujar Wandi Syamsir.

Kepala sekolah menyampaikan ucapan terima kasih atas pembinaan dari Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh.

”Berhubung sekolah masih dalam tahap pembangunan termasuk baru membangun, mushalla, maka muhadharah ini kita rangkai dengan pengakurasian arah kiblat, yang dihadiri langsung Ketua Komite Hadizamli beserta pengurus,” papar Makziwel.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*