Kalapas: Tidak Ada Lagi Transaksi Uang Tunai Di Lapas

Padang-today.com – Dalam rangka tindak lanjut program Bebas Peredaran Uang (BPU), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) serahkan kartu Brizzi bagi seluruh Warga binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Urusan Kepegawaian dan Keuangan (Kaurpegkeu) Lapas Padang Indra Ismanto didampingi oleh Bendahara Pengeluaran Lapas Padang Pratama dan JFU pengamanan Asma Ulyarahman atas atensi langsung Kalapas Era Wiharto. Turut hadir perwakilan BRI Cabang Kota Padang Iqbal.

Dijelaskan Kaurpegkeu Indra Ismanto bahwa kegiatan ini merupakan langkah Kementerian Hukum dan HAM cc. Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam mencegah terjadinya hal-hal seperti pungli dan transaksi / pengendalian narkoba di dalam lapas.

“Dengan menggunakan Brizzi ini, kita dapat memonitor transaksi para warga binaan yang ada di dalam Lapas Padang. Semoga segala bentuk pelanggaran berkenaan dengan uang dapat dicegah melalui program ini,” jelas Indra.

Simbiosis mutualisme yang terjalin dengan Bank BRI sebagai salah satu stakeholder, memberi kemudahan bagi Lapas Kelas IIA Padang dalam menyukseskan program BPU ini.

Iqbal selaku perwakilan BRI menyatakan bahwa pihaknya siap membantu Lapas Kelas IIA Padang dalam membina para warga binaan.

Iqbal juga berharap kerjasama antara Lapas dengan BRI dapat terus terjalin dengan baik.

Ditempat berbeda Kalapas Era Wiharto berharap dengan telah diserahkannya kartu Brizzi kepada seluruh WBP, itu artinya tidak ada lagi transaksi tunai di dalam lapas.

“Selanjutnya seluruh transaksi di dalam lapas seperti layanan penitipan uang tidak lagi menggunakan uang tunai melalui petugas pelayanan, keluarga dapat langsung mengirim uang untuk WBP melalui mesin ATM atau teller di Bank,” jelas Kalapas Era Wiharto.

Kalapas juga menambahkan untuk nomor kartu Brizzi WBP, keluarga dapat mendapatkan informasinya ke petugas pelayanan pada bagian layanan informasi di Pusat Pelayanan Terpadu Lapas Kelas IIA Padang.(*rel/dpg)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*