Kankemenag Selenggarakan Qurban, Kakan Gusman Imbau Peningkatan Ibadah

Kankemenag Selenggarakan Qurban, Kakan Gusman Imbau Peningkatan Ibadah

Kankemenag Selenggarakan Qurban, Kakan Gusman Imbau Peningkatan Ibadah

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Gema takbir, tahmid dan tahlil, mengiringi suasana pemotongan hewan Qurban di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (13/09). Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan) Kemenag Limapuluh Kota, H. Gusman Piliang dalam arahanya menyampaikan bahwa ia mengajak untuk dapat mengambil iktibar dari ibadah Qurban.

“Kita perlu menyelami bagaimana sikap kepatuhan Nabi Ibrahim alaihi salam, keikhlasan Nabi Ismail alaihi salam, serta ketulusan yang dicerminkan oleh Siti Hajar. Tiga semangat ini perlu kita bumikan bersama dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sebagai ASN Kemenag,” ungkap Gusman.

Dijelaskannya lagi, ibadah Qurban tidak hanya sekadar hubungan vertikal antara mahluk dengan penciptanya, melainkan ibadah Qurban juga sarat dengan pesan-pesan kepekaan sosial seorang muslim sejati.

“Melalui momentum ibadah Qurban ini saya mengajak kita semua untuk terus berempati terhadap lingkungan sosial kita. Di samping itu, semangat Qurban juga harus mampu kita implementasikan dalam menjalakan aktivitas sehari-hari. Saya mengajak kita semua untuk bermuhasabah terhadap kualiats pengorbaan yang sudah kita lakukan selama ini,” pesan Gusman Piliang lagi.

Muhasabah tersebut perlu dilakukan agar kualitas ibadah Qurban dari tahun ke tahun dapat meningkat, baik secara kualitas maupun kuantitas. Menurutnya, Nabi Ibrahim dan Ismail tidak hanya mampu menjaga kualitas keimanannya. Jauh dari itu, semangat berkorban ayah dan anak ini mampu membunuh prasangka buruk terhadap kebesaran Allah.

“Ini merupakan poin lain dari ibadah Qurban yang sejatinya harus wujud dalam diri ASN Kemenag. Mudah-mudahan ibadah Qurban ini mengantarkan kita kepada derajat taqwa dan kepekaan sosial yang nyata,” tambahnya.

Gusman juga menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta dan panitia Qurban tahun 1437 H, telah bekerja dengan maksimal dalam rangka memastikan rangkaian ibadah Qurban berjalan sesuai dengan harapan semua pihak.

Sementara itu, Kasi Bimas Kemenag Limapuluh Kota Naharuddin, sekaligus Ketua Pelaksana didamping Sekretaris Pelaksana Zulafrizon menjelaskan untuk tahun 2016, tercatat ada 77 orang peserta Qurban dengan jumlah 11 ekor sapi. Peserta merupakan pegawai di lingkungan Kemenag Limapuluh Kota, terdiri dari pegawai di Kantor Kemenag Limapuluh Kota, Kepala KUA, Kepala Madrasah, Pengawas, serta Kaur TU dan para guru Madrasah. Dijelaskannya pula, daging Qurban akan didistribusikan kepada masyarakat yang berada di sekitar lingkungan Kantor Kemenag Limapuluh Kota dengan jumlah kupon untuk masyarakat 225,” pungkas pria humoris ini.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*