Kanwil Kemenag Genjot persiapan Akreditasi Madrasah Limapuluh Kota

Kanwil Kemenag Genjot persiapan Akreditasi Madrasah Limapuluh Kota

Kanwil Kemenag Genjot persiapan Akreditasi Madrasah Limapuluh Kota

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bertempat di  Aula Kemenag Limapuluh Kota (29/4/2016), Kanwil Kemenag Sumatera Barat melalui Bidang Pendidikan Madrasah melakukan pembinaan persiapan akreditasi untuk 14 madrasah dengan jumlah peserta 70 orang.

Kasi Kelembagaan Kanwil Kemenag Sumater Barat Hj. Reflinas menjelaskan, kegiatan pembinaan persiapan akreditasi ini bertujuan untuk memastikan persiapan madrasah yang akan dinilai dalam dua bulan ke depan. Dalam tiga tahun terkahir Kementerian Agama telah memiliki anggaran tersendiri untuk kegiatan akreditasi.

”Ketersediaan anggaran tersebut, membuat kita berharap peringkat akreditasi madrasah  juga dapat ditingkatkan. Kementerian Agama secara Nasional mentargetkan pada tahun 2017 seluruh madrasah terakreditasi menimal dengan nilai B,” ujar Hj. Reflinas yakin.

Akreditasi dilaksanakan untuk menilai kelayakan program atau satuan pendidikan. Pemerintah telah menetapkan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.

Lebih lanjut Reflinas menjabarkan, untuk mewujudkan target tersebut, kanwil kemenag telah melaksanakan berbagai persiapan pelaksanaan akreditasi madrasah, baik dalam bentuk bimbingan teknis, sosialisasi dan juga monitoring.

”Semua kegatan tersebut tentu kita arahkan pada penguatan kualitas dan mutu pendidikan di madrasah. Mari tingkatkan dan warnai madrasah kita dengan lautan prestasi di berbagai bidang, pungkas perempuan enerjik ini.

Sementara itu, Kasi Pendidikan Madrasah Limapuluh Kota Safrijon menjelaskan, untuk tahun ini 14 madrasah di Limapuluh Kota akan divisitasi dalam waktu dekat.

”Secara umum kita puas dengan berbagai upaya persiapan yang telah kita lakukan. Persiapan tersebut juga sudah diformat dan diprogram untuk mendapatkan nilai maksimal. Kepada seluruh madrasah yang akan diakreditasi saya meminta untuk terus mematang persiapan. Mari maksimalkan waktu yang masih tersisa,” tegas Safrijon.

Safrijon menerangkan 70 persen madrasah, ditargetkan untuk memiliki peringkat akreditasi B pada tahun ini. Sedangkan sisanya ditargetkan berperingkat A. Kemenag Limapuluh Kota sudah melakukan analisis secara mendalam terhadap delapan standar pendidikan nasional kita yang menjadi acuan penilaian akreditasi. Data tersebut dioptimasi, targetnya tercapai.

”Atas nama pimpinan saya menyampaikan apresiasi serta rasa bangga kepada seluruh komponen madrasah yang telah bahu-membahu dalam persiapan akreditasi tahun ini,” kata Stafrijon yang juga Ketua MUI Limapuluh Kota ini.

Pembinaan Akreditasi selain dihadiri oleh Kasi Kelembagaan juga hadir Ketua Pokjawas Provinsi Sumatera Barat Hj. Asni Abbas, Pengembang Kependidikan Madrasah Provinsi Sumatera Barat Syafruddin. Menuju Madrasah Lebih Baik.(dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*