Kasus Lakalantas Menurun di Padangpariaman

photo ilustrasi kecelakaan lalu lintas

Advertisements

 

Padang-today.com__Peristiwa kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Kabupaten Padangpariaman sepanjang tahun 2017 mencapai 98.419 kasus. Kendati demikian, angka kecelakaan itu diklaim mengalami penurunan sekitar tujuh persen dibandingkan tahun 2016.

Tahun 2016 itu Lakalantas tercatat sebanyak 105.374 kasus,” ujar Kapolres Padangpariaman, AKBP Eri Dwi Hariyanto, di Mapolres Padangpariaman, kemaren.

Ia menegaskan kepada jajarannya, bahwa menurunnya peristiwa Lakalantas, bukan bukti sudah tercapai kerja mereka. Untuk itu, dia meminta jajaran untuk lebih maksimal dalam melakukan kontrol lalulintas.

Kita harus terus memaksimalkan pengawasan lalu lintas, sehingga pengendara bisa aman. Kita sudah rancang untuk ini. Baik taktis, teknis, ataupun langkah strategis,” ungkapnya.

Menurutnya, salah satu upaya meminimalisir potensi kecelakaan ataupun pelanggaran lalu lintas dengan melakukan razia. Terhitung Senin (5/3), pihaknya sudah melaksanakan program Operasi Keselamatan Singgalang 2018. “Operasi ini berlangsung hingga 25 Maret mendatang,” kata dia.

Ia juga mengatakan, bahwa Operasi Keselamatan Singgalang akan fokus memantau aktivitas pengemudi yang dinilai melanggar lalu lintas. Di antaranya melawan arus, menggunakan ponsel saat mengemudi, berboncengan lebih dari satu orang, dan pengendara tak cukup umur.

Banyak potensi pelanggaran lalu lintas. Makanya kita lakukan operasi dengan menurunkan 60 personel. Kita juga menghibau masyarakat untuk menanamkan sikap tertib lalu lintas,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, tujuan dilakukan operasi tersebut untuk membuktikan, bahwa polisi sangat peduli terhadap keselamatan masyarakat ketika berkendaraan. Sehingga, angka kecelakaan semakin berkurang.

Kalau bisa tidak ada lagi kecelakaan. Pengemudi yang masih usia muda, jangan sampai ugal-ugalan berkendaraan,” tandasnya. (*)

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*